Fashion

Mau Ruang Kantor Lebih 'Hijau'? Ini Tipsnya

Reni Efita
Selasa, 23 April 2013 - 01:36
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA—Bagaimana cara membuat lingkungan kantor yang hijau?

CA Technologies, sebuah perusahaan penyedia solusi manajemen TI asal AS yang membantu pelanggan dalam mengelola dan mengamankan lingkungan TI yang komplek.

DAlam rangka Hari Bumi, 22 April, perusahaan tersebut memberikan 10 tip menciptakan kantor yang lebih hijau.

Tips menciptakan kantor yang lebih hijau:

1.Tahukah Anda bahwa produk elektronik dalam keadaan standby masih mengkonsumsi daya listrik ? Untuk menghemat energi, matikan power utama pada produk elektronik Anda.

2.Penggunaan kertas di Asia mencapai 44%, hampir setengah dari konsumsi dunia. Cobalah metode paperless dengan menggunakan tablet untuk meminimalkan pencetakan. Jika Anda benar-benar perlu mencetak, ingatlah untuk mencetak di kedua sisi dan mendaur ulang kertas Anda. Bila mencetak dengan font ramah lingkungan dapat menghemat biaya cetak hingga 31%, karena tinta yang digunakan lebih sedikit. Pilihlah font yang ramah lingkungan seperti Century Gothic dan Times New Roman dengan ukuran kecil jika Anda perlu mencetak untuk kebutuhan Anda sendiri.

3.Energi yang dihemat dari daur ulang sebuah kaleng aluminium cukup untuk menyalakan sebuah TV selama tiga jam, dibandingkan membuat sebuah kaleng aluminium dari bahan mentah. Pertimbangkanlah untuk mendaur ulang kaleng minuman Anda, bukan membuangnya.

4.Penyejuk udara menkonsumsi sebagian besar penggunaan listrik di gedung perkantoran dan rumah tinggal. Sebagai contoh, pendingin udara menyumbang 60% dari tagihan listrik di gedung-gedung di Singapura. Untuk lebih hijau, aturlah suhu AC di kantor Anda pada suhu optimal 25°C, karena setiap penurunan satu derajat akan menambah biaya operasional sekitar 10% dengan konsumsi energi yang lebih tinggi.

5. Kurangi jumlah sampah barang sekali pakai dengan membawa sendiri peralatan makan Anda ke kantor. Kurangi jumlah sampah dengan makan di tempat, bukan membungkus makan siang Anda. Atau, bungkus makanan dalam wadah yang dapat digunakan kembali jika Anda memang perlu melakukannya.

6. Kurangi jejak karbon Anda dengan mengubah pola transportasi bekerja Anda, gunakan transportasi umum bukan mengemudikan mobil pribadi, atau berkendaralah bersama rekan-rekan Anda. Selalu pertimbangkan melakukan video-conference dibandingterbang ke negara-negara yang berbeda untuk bertemu dengan pelanggan, mitra atau rekankerja Anda.

7.Dibutuhkan sekitar 3 liter minyak dan 1 kg logam dan plastik untuk menghasilkan sebuah cartridge toner baru. Jadilah lebih hijau dengan mendaur ulang cartridge, di mana Anda dapat menghemat sekitar setengah dari minyak tersebut dan mencegah satu kilogram logam dan plastik dibuang ketempat pembuangan sampah akhir, yang membutuhkan setidaknya 1.000 tahun untuk terurai.

8. Lampu LED bisa bertahan 10 kali lebih lama dari pada lampu neon, dan jauh lebih lama dari pampu pijar biasa. Pertimbangkan penggunaan pencahayaan hemat energi untuk kantor Anda.

9.Lebih dari 10 miliar alat tulis dibuang di seluruh dunia setiap tahunnya. Pilih pena dengan tinta isi ulang atau gunakan pena yang terbuat dari plastik biodegradasi.

10. Banyak produk cairan pembersih, seperti sabun dan pembersih lantai, tidak ramah lingkungan dari sisi kemasan dan bahan biodegradasi. Jadilah lebih hijau dengan mencoba penggunaan pembersih ramah lingkungan di kantor Anda.
(faa)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Editor : Fahmi Achmad
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro