Travel

PARIWISATA BALIKPAPAN: Pemkot Didesak Petakan Kawasan Unggulan

Rachmad Subiyanto
Senin, 10 Juni 2013 - 16:45
Bagikan

BISNIS.COM, BALIKPAPAN -- Pemerintah Kota Balikpapan didesak untuk segera melakukan pemetaan kawasan wisata unggulan agar dapat memanfaatkan potensi pariwisata yang belum tergarap optimal.

Anggota Komisi II Bidang Keuangan, Anggaran dan  DPRD Kota Balikpapan Mukhlis mengatakan pemetaan tersebut bertujuan untuk mengetahui kelemahan sekaligus rencana pengembangan kawasan wisata. “Ini penting untuk mengembangkan potensi yang selama ini dimiliki Balikpapan,” ujarnya kepada Bisnis, Senin (10/6).

Dia mengatakan selama ini belum banyak wisatawan yang mengetahui kawasan wisata yang dimiliki Balikpapan. Melalui pemetaan tersebut, nantinya bisa menjadi dasar dalam rencana pengembangan kawasan yang bisa menjadi bahan promosi daerah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Balikpapan Saiful Bahri mengatakan pihaknya sudah memiliki lima kawasan unggulan pariwisata yakni kawasan pantai, kawasan hutan, kawasan belanja, kawasan pendidikan lingkungan hidup dan kawasan kuliner.

Namun, baru kawasan pantai yang sudah dipetakan kekurangannya termasuk rencana pengembangannya.

“Tetapi pembangunan belum bisa direalisasi secara langsung karena anggaran yang terbatas,” katanya.

Dia mengungkapkan perbaikan jalan dan fasilitas pendukung juga diarahkan melalui dinas terkait. Adapun untuk kawasan wisata lainnya, dirinya belum bisa memastikan rencana pemetaan tersebut.

Namun, pihaknya akan terus membenahi fasilitas yang tersedia di setiap kawasan wisata tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro