Fashion

Ini Bahaya Ibu Hamil Stres Bagi Kesehatan Janin

Rahmayulis Saleh
Selasa, 10 September 2013 - 18:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perempuan yang sedang hamil sebaiknya menjaga diri dan emosinya dengan baik, agar tidak sampai stres, kelelahan baik lelah fisik dan hati.

Sebab, Irma Gustiana A, dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia, masalah psikologi yang diderita ibu saat hamil, juga nenyebabkan adanya gangguan pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Misalnya stres.

"Bila si ibu mengalami stres, janin yang ada dalam kandungan juga akan merasakannya. Detak jantung janin menjadi tidak teratur, sehingga persediaan oksigen dan sari makanan berkurang," kata Irma dalam workshop tentang Stimulasi dini anak di masa golden period, pada Peluncuran Program KalCare Peduli ASI dari Kalbe Farma, Selasa (10/9/2013).

Jadi, lanjutnya, jaga keadaan ibu hamil. Jangan sampai mengalami stres, lelah fisik, dan kecapaian. Terutama pada usia kandungan 7 bulan, ibu hamil harus hati-hati karena bisa melahirkan lebih awal.

Irma menjelaskan pada masa emas (golden period), otak anak mengalami tumbuh kembang paling cepat dan kritis.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sekitar 50% kapabilitas kecerdasan orang dewasa, telah terjadi pada usia 4 tahun, 80% telah terjadi pada usia 8 tahun. Dan mencapai titik tertinggi pada usia 18 tahun.

Dia menuturkan masa keemasan atau disebut jendela kesempatan (window of opportunity), adalah masa pembelajaran dan pengkayaan, masa yang sangat peka bagi otak anak untuk menerima berbagai rangsangan pertumbuhan dan perkembangan.

Pertumbuhan dan perkembangan masa keemasan anak, lanjutnya, sudah dimulai sejak dalam kandungan (pre-natal). Kelainan yang dialami anak, katanya, sudah terlihat dari dalam kandungan. Seperti anak akan mengalami keterlambatan dalam hidupnya (delay), down syndrom, dan lainnya.

Dia menyebutkan ada dua periode waktu yang sangat kritis dalam tumbuh kembang anak. Kedua masa itu adalah saat janin dalam kandungan, terutama dalam proses pertumbuhan organ-organ tubuh anak. Dan tiga tahun pertama setelah anak dilahirkan.

"Hal itu berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan otak, dan susunan saraf pusat yang akan mengatur perkembangan anak pada umumnya. Kedua waktu ini adalah momen penting bagi calon ibu untuk menyiapkan anak nantinya jadi mandiri, dan siap menjalani hidup," ujar Irma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro