Travel

Kiat Agen Perjalanan Genjot Wisatawan saat Low Season

Dewi Andriani
Kamis, 19 September 2013 - 19:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Untuk menggenjot jumlah wisatawan baik domestik maupun internasional pada masa low season, para travel agent mengadakan berbagai macam promosi serta roadshow ke beberapa daerah, baik dalam maupun luar negeri.

Ketua Umum Association of The Indonesian Tour and Travel Agencies (Asita) Asnawai Bahar mengatakan road show yang biasanya dilakukan oleh anggota Asita ialah dengan berkunjung langsung ke negara-negara yang dinilai potensial. Misalnya dengan mengadakan table top, melakukan kerjasama business to business dengan travel agent di negara-negara tersebut.

Selain itu, banyak travel agent yang mengikuti berbagai macam travel fair, atau mengadakan secara tunggal event trafel fair untuk menawarkan berbagai promosi paket wisata.

“Di saat begini (low season) kami akan promosi ikut pameran yang kemarin baru diadakan Garuda Indonesia Travel Fair. Selain itu, door to door langsung ke negara lain, seringnya ke China, begitu juga Malaysia yang saat ini kami mengejar negara bagiannnya,” ucapnya dihubungi Bisnis, Kamis (19/9).

Demikian pula yang dilakukan oleh Smiling Tour and Travel Agent. Untuk menarik minat wisatawan ikut dalam paket perjalanan, Smiling Tour mengadakan Smailing Sensational Sale bertempat di Grand Indonesia Shopping Town.

Berbagai paket paket perjalanan ditawarkan dengan harga menarik selama empat hari mulai Kamis (19/9) hingga Minggu (22/9). Antara lain diskon 50% untuk orang kedua, free visa ke berbagai negara tujuan dan jalan-jalan gratis untuk anak-anak.

Khusus untuk pemegang kartu kredit BCA, akan ada fantastic offer setiap hari pukul 14.00 WIB hingga 15.00 WIB serta buy 2 get 3 untuk paket menginap di dalam dan luar negeri, serta cicilan 0% selama 6 bulan.

Group Chief Marketing Officer Smiling Tour and Travel Service Bernard Akili menargetkan dari berbagai penawaran tersebut, acara ini dapat menarik sekitar 10.000 pengunjung. Dari jumlah pengunjung yang hadir, dia berharap 10% diantaranya akan membooking paket perjalanan yang ditawarkan.

“Target kami, dari acara ini akan ada 1.000 wisatawan yang membooking untuk perjalanan, tapi untuk transkasi kami tidak bisa menyebutkan karena berbeda-beda,” ucapnya di sela pembukaan Smailing Sensational Sale, Kamis (19/9).

Head of Marketing and Communication Smailing Tour and Travel Service Putu Ayu Aristyadewi mengatakan sebagian besar wisatawan yang menggunakan paket perjalanan dari Smiling Tour memilih daerah Eropa yang berkontribusi sekitar 30%.

Namun, semenjak melemahnya nilai tukar rupiah, banyak wisatawan yang kini memilih berwisata ke Asia seperti Korea, Jepang, dan Taiwan, termasuk daerah tujuan domestik. Untuk memberikan gambaran mengenai wisata yang ada di sana, beberapa negara sepertu Korea, Taiwan, dan Australia menampilkan berbagai makanan khas serta produk-produk kerajinan dari negaranya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro