Bisnis Style

Musim Hujan, Waspadai Penyakit Sistitis Honeymoon

Rahmayulis Saleh
Jumat, 24 Januari 2014 - 13:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Musim hujan identik dengan musim pernikahan. Banyak pasangan baru yang melakukan pernikahan sejak akhir tahun lalu sampai sekarang. Namun, dibalik kebahagian itu, ada penyakit lain yang mengintai, yaitu sistitis honeymoon.

Honeymoon cystitis adalah radang saluran kemih yang ditandai dengan rasa sakit saat buang air kecil, dan nyeri di sekitar perut bawah, sehingga penderitanya sering merasa ingin buang air kecil.

Dokter Ari Fahrial Syam, Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Jakarta Raya (PAPDI Jaya), menuturkan  keluhan sakit saat kencing ini sering dikeluhkan oleh pengantin perempuan yang baru saja menikah.

Menurut dia, pasien yang datang  dengan keluhan sakit saat kencing. Penyakit ini umum ditemui pada wanita sebulan sehabis musim pernikahan, seperti saat ini. “Apalagi pada saat musim hujan seperti sekarang. Penyakit ini dikenal sebagai sistitis honeymoon, atau peradangan pada kantung kencing yang sering terjadi pada masa bulan madu,” ungkap dokter Ari dalam surat elektroniknya, Kamis (24/1/14).

Dia menjelaskan penyakit ini termasuk penyakit infeksi saluran kencing pada pengantin baru. Tapi bisa dialami oleh para ibu yang baru kedatangan suami, yang baru pulang kerja dari luar kota atau luar negeri.

“Penyakit sistitis honeymoon ini terjadi karena kontak seksual yang sering, setelah sekian lama tidak berhubungan atau belum pernah berhubungan. Pasien dengan sistitis honeymoon biasanya mengeluh nyeri anyang-anyang, buang air kecil terasa sakit dan panas, bahkan ada urinnya berwarna merah. Jika penyakitnya berat, pasien juga bisa merasakan demam,” ujarnya.

Jadi, lanjut Ari, pada pengantin baru yang mengeluh sakit saat BAK, sebaiknya secepatnya diperiksa ke dokter, bisa diduga dia sedang mengalami sistitis honeymoon.

“Penyakit ini jangan dianggap sebagai penyakit yang simpel. Jika tidak ditangani dengan baik, sistitis bisa naik ke ginjal dan menjadi infeksi ginjal akut,” ungkapnya.

Dia menjelaskan pasien yang mengalami sistitis honeymoon selain merasakan nyeri saat BAK, juga mengeluhkan nyeri jika dilakukan penekanan pada perut tengah bawah atau di daerah pubis.

“Pada pemeriksaan urin bisa ditemukan adanya sel darah putih atau sel darah merah yang jumlahnya berlebih. Jika kondisi sakitnya berat, bisa ditemukan peningkatan kadar sel darah putih (lekosit) di dalam darah,” katanya.

Untuk mengatasi keluhan tersebut, tambahnya, dokter akan memberikan antibiotika dan penghilang sakit, untuk saluran kencing pada pasien dengan sistitis honeymoon.

Ari mengatakan penyakit sistitis honeymoon bisa dicegah. Caranya:

  1. Sebaiknya menjaga kebersihan seputar lubang kencing.
  2. Lakukan BAK sebelum dan sesudah melakukan aktivitas seksual
  3. Jangan suka menahan BAK
  4. Minum air yang cukup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro