Masjid Raya Aceh sebagai satu satu objek wisata syariah/Antara
Travel

Wisata Syariah: Potensi Cukup Besar

Anep Paoji
Minggu, 13 April 2014 - 11:23
Bagikan

Bisnis. com, TASIKMALAYA – Wacana pengembangan wisata syariah yang digulirkan pelaku industri kepariwisataan di beberapa daerah khusunya di Jawa Barat, dinilai sebagai pilihan bagi pengelola industri wisata.

Industri wisata syariah akan semakin melengkapi industri kepariwisataan di tanah air, sebagai destinasi wisata berbasis kearifan lokal serta cita rasa masyarakatnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pangestu menilai, potensi industri wisata syariah di tanah air cukup besar, dengan dukungan jumlah penduduk muslim yang sangat besar. Dalam pelaksanaannya  di beberapa daerah sudah banyak yang menerapkan baik wisata religi, budaya atau pencampuran keduanya yang saling melangkapi.  

“Sudah terajdi misalnya di Jawa Barat. Ada wisata religi dan budaya ada juga wisata religi saja. Ada juga gabungan (destinasi) religi, budaya dan rekreasi,” ungkap Marie  kepada wartwan usai memberikan kuliah umum di Kampus Universitas Siliwangi Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (12/4/2014).

Menurutnya, pemerintah dalam hal ini berperan mengatur standar yang dimaksud dengan wisata syariah, termasuk pengaturan standar pendukung wisata. Misalnya, hotel berstandar syariah, restourat berstandar syariah  bahkan spa yang berstandar syariah.

Ia menyebutkan kepariwisataan di sisi lain berfungsi melindungi nilai-nilai tertentu, termasuk didalamnya nilai religi. Dengan demikian, pengembangan wisata syariah merupakan langkah terbaik dalam meindungi nilai-nilai religi.

“Sebagai pilihan tadi, dari sisi pasar, akan punya segmen tersendiri. Para pengunjungg akan mencari, misalnya hotel berstandar syariah,” katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Anep Paoji
Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro