Sedangkan dari tingkat perguruan tinggi, peserta acara ini di antaranya paduan suara UGM, UII, UST, UMY, dan AKPRIND. /bisnis.com
Musik

AUBADE 1000: UGM Akan Tampilkan 1.300 Anggota Paduan Suara

Fatkhul Maskur
Jumat, 2 Mei 2014 - 20:50
Bagikan

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Setidaknya 1.300 orang peserta dari gabungan 43 kelompok paduan suara se-DIY akan meramaikan Aubade 1000 yang akan digelar Minggu (4/5/2014) di Halaman Grha Sabha Pramana (GSP) UGM.

Rencananya dalam kegiatan tersebut tim paduan suara akan menyanyikan enam lagu nasional  yaitu Nyiur Hijau, Pangern Diponegoro, Indonesia Tetap Merdeka, Yogya Kembali, Maju Tak Gentar, dan Indonesia Jaya.

Ketua panitia penyelenggaraan Aubade 1000 Aryadi Asari menyampaikan even itu melibatkan tim paduan suara pelajar dari tingkat SD hingga perguruan tinggi, dan kelompok paduan suara umum. 

Beberapa peserta di antaranya SD Keputran, SD Marsudirini, SD Wonosari, SMP Wates, SMP Muhammadiyah 9, SMP 1 Yogyakarta, SMP 8 Yogyakarta, SMA 3 Yogyakarta, SMA 1 Bantul, SMA Santa Maria, dan SMA Sang Timur.

Sedangkan dari tingkat perguruan tinggi, peserta acara ini di antaranya paduan suara UGM, UII, UST, UMY, dan AKPRIND. Sementara sisanya dari umum berasal dari paduan suara PKK Bumijo, paduan suara Gelora Bahana Patria, paduan suara RS Bethesda, paduan suara Sawo Kembar, dan paduan suara RS Sardjito.

Dalam kegiatan tersebut juga akan ditampilkan solois soprano Prof. Siti Chairani Proehoeman. Penyanyi opera profesional lulusan Conservatorio Music di Santa Cecilia, Roma ini akan tampil bersama menyanyikan lagu Nyiur Hijau.

"Aubade juga dilengkapi dengan dramaturgi tentang kisah Pangeran Diponegoro," katanya seperti dikutip situs ugm.ac.id. Aryadi mengatakan penyelenggaraan AUBADE 1000 ditujukan untuk membangkitkan lagi jiwa kebangsaan para generasi muda.

Kegiatan merupakan kerjasama antara Pusat Studi Pancasila (PSP) UGM dan  Paduan Suara Gelora Bahana Patria.  “Acara akan dimulai pada pukul 16.00 WIB dan bersifat terbuka untuk umum,” jelasnya.

Surono, peneliti PSP UGM, menyampaikan Aubade 1000 merupakan salah satu acara dalam rangkaian kegiatan Pekan Pancasila yang diadakan oleh PSP UGM.

Selain Aubade 1000, juga akan digelar Kongres Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan II 2014  pada 5-6 Mei di Balai Senat UGM, Dialog Kebangsaan pada 7 Mei 2014 di PKKH UGM, dan Seminar Nasional pada 8 Mei 2014 di UC UGM. Kegiatan ditutup dengan Kongres Pancasila VI yang akan digelar 31 Mei -1 Juni 2014 di Universitas Pattimura, Ambon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro