Turis bermain di pantai. Pantai Tanjung Aan di Lombok indah tapi merana/Bisnis
Travel

WISATA LOMBOK: Pantai Tanjung Aan Indah tapi Merana

Sukirno
Sabtu, 3 Mei 2014 - 12:27
Bagikan

Bisnis.com, MATARAM--Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB) memang menawarkan keindahan alam yang mengundang decak kagum. Salah satu diantaranya adalah Pantai Tanjung Aan di Kuta Lombok.

Tak hanya Bali yang memiliki Pantai Kuta, Lombok juga memiliki nama pantai yang serupa. Tetapi, di Kuta Lombok menawarkan pantai yang sangat alami, berbeda dengan Kuta Bali yang telah dipadati mal dan hotel mewah.

Kawasan Wisata Mandalika di Kuta Lombok memiliki beberapa sudut yang menarik untuk dijelajahi. Keramaian turis terutama asing berada di Pantai Kuta, tak jauh dari hotel berbintang 5, Novotel Lombok.

Hamparan pasir putih dengan air laut sebening cermin akan didapatkan dengan mudah di Pantai Kuta Lombok. Namun, bila ingin menyepi dan menikmati pantai seperti milik sendiri, pergilah ke Tanjung Aan.

Pantai ini mulai naik daun karena memiliki dua sisi pantai yang sama-sama indah tetapi berbeda. Perbedaan mencolok dari kedua sisi pantai yang dipisahkan oleh tanjung berupa bukit batu ini adalah pasirnya.

Pada sisi kiri Tanjung Aan, terdapat pantai yang memiliki pasir berwarna kuning kecokelatan. Warga setempat menyebutnya sebagai pasir merica karena bentuknya sangat mirip dengan buliran lebih besar ketimbang pasir biasa.

Sementara di sisi kiri Tanjung Aan atau warga setempat menyebut Tanjung An, memiliki pasir seputih tepung dengan butiran-butiran pasir menyerupai tepung berwarna putih bersih.

Kedua pantai itu memiliki garis melengkung dengan panjang lebih dari 5 Kilometer. Hamparan pasir itu akan tampak menawan apabila disaksikan dari atas ketinggian Tanjung Aan.

Birunya air laut di pantai ini memanjakan mata yang memandang. Komposisi warna antara pasir putih, perbukitan hijau, laut biru, langit berawan putih, sangat sayang untuk dilewatkan. Cekrek!! harus diabadikan melalui lensa kamera.

Beberapa nelayan setempat menambatkan perahu mereka di pantai ini. Nelayan itu juga menawarkan jasa menunggangi perahu menuju ke Batu Payung, sebuah batu yang berada di tepian tebing dan berbentuk seperti payung apabila dilihat dari sudut tertentu.

Batu Payung kini mulai tersohor akibat dijadikan lokasi pengambilan gambar sebuah iklan rokok dengan pesona petualangannya. Di kawasan Batu Payung juga sering dijadikan lokasi pemotretan bagi calon pengantin.

Selain menikmati pantainya, di Tanjung Aan juga sangat cocok untuk berselancar karena memiliki ombak yang tinggi dan panjang. Tapi tidak perlu khawatir, ketinggian ombak hanya berada sekitar 200 meter dari bibir pantai sehingga di pantai ini cukup aman untuk berenang.

Keindahan Tanjung Aan, sepertinya belum menarik minat investor. Di pantai ini belum ada fasilitas apapun bahkan hotel atau penginapan. Jika ingin menikmati pantai ini, wisatawan harus menginap di Pantai Kuta Lombok.

Tanjung Aan terletak di Kawasan Mandalika Resort, Desa Kuta, sekitar 75 Km dari Mataram, Ibukota NTB. Posisinya sekitar 3 Km dari Pantai Kuta, Lombok Tengah. Jika ditempuh dari Bandara Internasional Lombok, memakan waktu sekitar 40 menit hingga 1 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro