Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Dekranas Gelar Pameran Tenun di Plaza Industri

Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) kembali menggelar pameran Gelar Produk Kerajinan di Plaza Industri Kementerian Perindustrian. Setelah tahun lalu sukses dengan tema produk anyaman, kali ini Dekranas mengangkat produk tenun.
Riendy Astria
Riendy Astria - Bisnis.com 06 Mei 2014  |  12:01 WIB
Dekranas Gelar Pameran Tenun di Plaza Industri
Pameran ini mengikutsertakan 45 peserta IKM binaan Dekranas dari berbagai daerah. - bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) kembali menggelar pameran Gelar Produk Kerajinan di Plaza Industri Kementerian Perindustrian. Setelah tahun lalu sukses dengan tema produk anyaman, kali ini Dekranas mengangkat produk tenun.

Ketua Umum Dekranas Herawati Boediono mengatakan produk tenun merupakan warisan budaya Indonesia dan kaya keberagamannya. Hampir setiap wilayah memiliki warisan tenun dengan ciri khas masing-masing. Dalam pengembangannya, tenun digunakan untuk tas, sepatu, dan interior.

“Kami menilai tema, meningkatkan citra tenun Indonesia sesuai dengan kondisi saat ini, apalagi menjelang Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015 di mana daya saing dan kualitas sangat dibutuhkan," kata Herawati ketika membuka acara pameran dengan tema Peningkatan Citra Tenun Indonesia sebagai Warisan Budaya Bangsa, Selasa (6/5/2014).

Dalam acara yang dihadiri oleh istri-istri kabinet Indonesia Bersatu II, Menteri Perindustrian M.S Hidayat mengatakan sangat menghargai dengan prakarsa Dekranas untuk kembali bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian dalam memperkenalkan dan mempromosikan kerajinan nasional, khususnya kain tenun.

Terkait dengan banyaknya daerah yang menjadi produsen tenun, keberagaman motif tidak perlu dipertanyakan. Adanya perbedaan latar belakang budaya dan lingkungan, akan menciptakan keunikan tersendiri pada hasil tenun dari setiap daerah.

"Kami harap, Pameran Dekranas kali ini sukses seperti tahun-tahun sebelumnya. Tahun lalu, pameran dengan Produk Anyaman menghasilkan omzet yang tinggi," kata Hidayat.

Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kemenperin Euis Saedah mengatakan pameran akan diselenggarakan selama empat hari, mulai hari ini, 6 Mei hingga 9 Mei 2014 dibuka mulai pukul 09.00 hingga pukul 17.00 WIB.

"Pameran ini mengikutsertakan 45 peserta IKM binaan Dekranas dari berbagai daerah," ujar Euis.

Produk IKM terus meningkat baik dari sisi inovasi maupun kualitas. Ini terlihat dari jumlah IKM sebanyak 3,4 juta unit pada 2013 yang mampu menyerap tenaga kerja hingga 10,3 juta orang. Dari jumlah itu, dapat memberikan kontribusi terhadap nilai ekspor hingga US$19,57 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dekranas
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top