Ilustrasi/Bisnis.com
Health

Orang di Luar Jawa Lebih Banyak Belanja ke Mal & Makan di Restoran

Heri Faisal
Rabu, 21 Mei 2014 - 21:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penelitian Nielsen Indonesia sepanjang kuartal pertama tahun ini menemukan bahwa masyarakat luar Jawa lebih gemar berbelanja dari pada konsumen di pulau Jawa.

Sebanyak 62% konsumen luar Jawa menyatakan mereka berbelanja di pusat perbelanjaan dan 44% makan di restoran cepat saji. Sementara di Jawa konsumen yang berbelanja di pusat perbelanjaan hanya 42% dan 37% makan di restoran cepat saji.

“Perkembangan itu perlu dicermati karena jumlah pasar modern di luar Jawa hanya sepertiga dari jumlah di Jawa,” kata Irawati Pratignyo, Managing Director Media Nielsen Indonesia kepada Bisnis.com, Selasa (21/5/2014).

Meski jumlah pasar modern seperti mal, swalayan, dan minimarket di luar Jawa masih sedikit, tetapi penetrasi belanja masyarakat sangat besar. Hal itu berkorelasi dengan pendapatan masyarakat yang tinggi.

Di luar Jawa pendapatan rerata masyarakat mencapai Rp3,5 juta per bulan dengan pengeluaran Rp2,5 juta per bulan. Sedangkan di Jawa pendapatan masyarakat hanya Rp3,3 juta per bulan dengan pengeluaran Rp2,4 juta per bulan.

Irawati juga menyampaikan tren konsumen luar Jawa melakukan perjalan domestik dengan menggunakan pesawat mencapai 97%, sedangkan konsumen Jawa hanya 93%.

“Yang mengherankan, konsumen luar Jawa melakukan perjalanan domestik dan berbelanja di kota-kota di Jawa,” ujarnya.

Survei tersebut dilakukan di 5 kota di Jawa (Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya) dan 5 kota di luar Jawa (Medan, Palembang, Banjarmasin, Makassar, dan Denpasar).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Heri Faisal
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro