Berlari, berenang, atau bersepeda atau mungkin olahraga lainnya yang termasuk aktifitas cardiovascular sekitar 20 - 30 menit./Antara
Fashion

USIA BERTAMBAH: Ini 3 Cara Meningkatkan Kemampuan Mengingat

Agnes Savithri
Rabu, 6 Agustus 2014 - 14:45
Bagikan

 

Bisnis.com, JAKARTA – Kekuatan mengingat manusia berkurang seiring bertambahnya usia. Suatu ingatan terbuat dari dua atau lebih saraf yang tersambung dari 100 milyar yang ada di dalam sel otak.

 

Sel ini disebut dengan neuron, koneksi ini membuat solid saraf yang tersambung sehingga bisa digunakan di dalam otak manusia kemudian hari. Fakta ini dikatakan oleh Neal Barnard dari George Washingto University School of Medicine di Washington, D.C. Amerika.

 

Otak Anda akan terus mengembangkan neuron dan membangun koneksi yang baru untuk memperkuat ingatan sesuai umur Anda, fenomena ini disebut neuroplasticity, ujar Brianner Bettcher, seorang neuropsychology di University of California, San Fransisco, seperti yang ditulis dalam situs berita Time.

 

Karena itu tidak pernah ada kata terlambat untuk mengembangkan kekuatan Anda untuk mengingat, ujarnya. Berikut 3 cara untuk memperkuat ingatan Anda:

 

Pertama, memiliki waktu tidur yang cukup.

 

Kalangan professional menyetujui jika ada satu hal yang harus dilakukan untuk mengembangkan kemampuan mengingat, tidur merupakan jawabannya. Tidur menjadi kunci dimana otak Anda memperkuat hubungan dengan saraf-saraf neuron yang ada, tutur Barnard, seperti yang dikutip dari situs berita TIME.

 

Dalam suatu studi yang dipublikasikan dalam jurnal Sleep Medicine, peneliti bertanya kepada subjek penelitian untuk menunjukkan sebuah tes ingatan, kemudian menyuruhnya istirahat atau tetap terbangun.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan orang yang beristirahat lebih banyak mengingat dibandingkan orang yang tidak tidur. Tidur yang cukup disarankan tujuh hingga 9 jam dalam sehari.

 

Kedua, ajak ingatan Anda berolahraga.

 

Berlari, berenang, atau bersepeda atau mungkin olahraga lainnya yang termasuk aktifitas cardiovascular sekitar 20 - 30 menit, dalam tiga kali seminggu akan membantu Anda untuk mengingat hal dengan baik.

 

Memicu jantung untuk mendapatkan semakin banyak darah agar mengalirkan ke otak akan membuat hippocampus (bagian terpenting dari otak untuk ingatan) membesar.

 

Ketiga, Mengkonsumsi Suplemen.

 

Anda bisa mencoba minyak ikan untuk membangun neuron yang baru. Minyak ikan mengandung DHA yang bisa menunda penuaan dan membantu meningkatkan ingatan di dalam otak. Selain minyak ikan, Anda pun bisa mencoba mengkonsumsi Vitamin D yang berfungsi untuk menumbuhkan neuron yang baru dan menundaan penuaan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Agnes Savithri
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : http://time.com/3054101/improve-your-memory/
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro