Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Binsis.com
Show

Karya Orkestra Gita Bahana Diharapkan Jadi Alat Promosi Indonesia

Nenden Sekar Arum
Selasa, 12 Agustus 2014 - 18:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Karya tim nasional paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara diharapkan dapat menjadi salah satu alat promosi pariwisata Indonesia ke kancah dunia internasional melalui berkas digital yang dapat diunduh secara bebas.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu menilai ide untuk merekam dan mengunggah karya tim paduan suara dan orkestra yang mengisi acara upacara kenegaraan tersebut bisa diimplementasikan menjadi alat promosi yang efektif.

Sementara itu, dalam lima tahun terakhir karya musik para delegasi dari 33 provinsi tersebut telah direkam dalam CD dan dibagikan sebagai souvenir bagi tamu kenegaraan. Namun, proses perekaman dan pengemasannya dinilai belum eksklusif.

“Ide untuk mengunggah hasil rekaman tim Gita Bahana Nusantara sangat bagus dan hal itu bisa menjadi acuan bagi calon anggota tim selanjutnya,” paparnya dalam jumpa pers Gelar Perdana Gita Bahana Nusantara di Jakarta, Selasa (12/8/2014).

Untuk itu, Mari juga mengusulkan agar tim pembina Gita Bahana Nusantara segera mengurusi masalah hak cipta jika usulan unduh bebas karyanya diimplementasikan. Pasalnya hingga saat ini penyebaran karya kreatif seringkali terkendala oleh pembajakan hak cipta.

Adapun, kegiatan Gita Bahana Nusantara yang telah digelar selama 11 tahun ini diharapkan bisa terus dilanjutkan hingga pemerintahan selanjutnya, karena dinilai memberikan dampak positif terhadap pembentukan karakter dan memperkuat jati diri bangsa Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro