Travel

Ini 10 Tempat Menyelam Terbaik Dunia

Annisa Margrit
Sabtu, 23 Agustus 2014 - 20:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Siapa yang setuju pesona bawah laut Indonesia tidak ada duanya?

Dahulu yang terkenal hanya Bunaken, tapi sekarang spot diving dengan pemandangan luar biasa bermunculan dari barat hingga timur.

Tapi, lokasi menyelam yang mengesankan tidak hanya ada di Indonesia. Bloomberg, dibantu penyelam ternama Meg Austin, melansir 10 spot diving yang tidak boleh dilewatkan di seluruh dunia.

Apakah Indonesia masuk di dalamnya? Berikut daftarnya

Antartika

Lokasi pertama adalah Pulau Petermann, yang terletak di lepas pantai Antartika. Di sini, para penyelam bisa berenang bersama singa laut.

Riviera Maya, Meksiko

Di sini, Anda akan menyelam di sungai bawah tanah terbesar dunia. Riviera Maya memiliki beberapa cenote, alias area yang seakan membentuk lubang dan cukup dalam.

Taman Nasional Point Lobos, California, AS

Kelp, alias rumput laut yang tumbuh menjulang dari dasar laut hingga permukaan, subur di sini. Di dasarnya, para penyelam bisa melihat algae aneka warna yang menjadikan lokasi ini tampak menakjubkan.
 
Cozumel, Meksiko

Ini adalah salah satu lokasi habitat toadfish, salah satu ikan dengan mekanisme bertahan menggunakan racun. Meski kedengarannya menyeramkan, toadfish memunyai warna yang indah dan sebenarnya pemalu. Lantaran sulit ditemui, menemukan toadfish di sini bakal menjadi tantangan bagi sesi menyelam Anda.

Silfra Fissure, Taman Nasional Thingvellir, Islandia

Tidak dipungkiri jika Islandia semakin sering menjadi tujuan wisata bagi para pelancong dari seluruh dunia. Lanskap alamnya yang indah menjadi penarik utama, termasuk dunia bawah lautnya. Silfra berada di celah lempeng Amerika Utara dengan Eurasia.

Lokasi ini disebut-sebut sebagai area dengan air terjernih di dunia lantaran jarak pandang bawah lautnya mencapai 300 kaki, sekitar 9 meter. Jernihnya air membuat para penyelam bisa puas memandangi algae warna-warni di sana.

Port St. Johns, Afrika Selatan

Ingat film Finding Nemo ketika Marlin, ayah Nemo, serta Dory bertanya arah kepada sekumpulan ikan dan ikan-ikan itu seketika berubah menjadi penunjuk arah?

Anda bisa coba hal yang sama di Port St. Johns. Ya, pada Juni dan Juli setiap tahun jutaan ikan sarden muncul di sini. Tapi, tidak dijamin ikan-ikan itu akan menjawab pertanyaan Anda, ya.

Kepulauan Galapagos

Berminat berenang bersama sekumpulan hiu? Di sini tempat yang tepat. Tidak hanya hiu, di musim-musim tertentu para penyelam bisa bertemu hiu paus.

Barracuda Point, Pulau Sipadan, Malaysia

Lokasi ini menjadi rumah bagi ikan barakuda. Jumlahnya yang sangat banyak bahkan bisa menghalangi sinar matahari.

Bora Bora

Bora Bora dikenal sebagai habitat banyak jenis hiu, dan begitulah adanya. Meski demikian, hiu sebenarnya tidak menjadi ancaman besar bagi manusia, berbanding terbalik dengan gambaran di film-film.

Papua Nugini

Tetangga Indonesia ini adalah rumah bagi banyak sekali lokasi menyelam yang indah. Terumbu karangnya menjadi tempat tinggal berbagai jenis spesies laut, seperti hiu karang abu-abu, buaya air asin, kuda laut, ikan pari elang, dan hiu kepala palu. Lautnya juga menjadi peristirahatan terakhir kapal-kapal perang Perang Dunia II.

Sayangnya, Indonesia ternyata tidak masuk daftar ini. Bagaimana kalau Anda yang membuat sendiri?


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annisa Margrit
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro