3 tipe pengasuhan orang tua/alegnasolutions.com.au
Health

Berikut 3 Jenis Pola Pengasuhan Orang Tua

Mia Chitra Dinisari
Senin, 8 Desember 2014 - 18:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Dalam pola pengasuhan anak, ada beragam jenis cara yang dilakukan oleh masing-masing orang tua. Dan umumnya mereka menerapkan pola yang berbeda.

Hal tersebut, dipengaruhi oleh pengalaman melihat bagaimana orang tua mereka mendidik sebelumnya, dan atau dari pengalaman lainnya saat mereka membaca buku atau melihat pengalaman orang lain dalam mendidik anaknya.

Kebanyakan, orang tua akan sangat protektif bagi keamanan anaknya, terutama bagi anak perempuan. Namun jika diibaratkan dengan cara hewan mengasuh anaknya, tingkat dan pola pengasuhan itu secara umum dibagi dalam tiga hal seperti dilansir timesofindia berikut ini:

Jenis harimau

Over protektif adalah tipe orang tua harimau. Mereka terlalu ekstra mengontrol kegiatan anak-anaknya sehingga membuat anak-anaknya selalu tergantung pada orang tua mereka.

Seorang Psikolog anak asal India Subha Narayan mengatakan jika orang tua selalu berada di sekitar anak-anak sepanjang waktu, ada kemungkinan bahwa anak-anak tidak mengembangkan pikiran mereka sendiri.

Akibatnya, mereka sulit beradaptasi dengan kesulitan hidup. "Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak ini miskin dalam pengambilan keputusan independen dan beresiko tinggi kecemasan dan depresi,” ujarnya.

Jenis Ubur-ubur

Kebalikan dari harimau adalah gaya pengasuhan ubur-ubur. Orang tua ini memiliki beberapa aturan yang sangat lunak.

Mereka tidak memiliki kewenangan dan pengawasan ketat pada anak-anaknya. Akibatnya anak mereka mungkin tampak lebih percaya diri, tapi tanpa aturan sehingga memiliki kinerja sosial dan akademik yang miskin.

Kebanyakan anak dengan pola pengasuhan yang terlalu lunak akan kurang  disiplin, dan enggan mengikuti aturan, sehingga rentan mengonsumsi narkoba dan alkohol.

Jenis lumba lumba

Tipe Dolphin adalah seimbang antara tipe harimau dan ubur-ubur. Ini adalah bentuk ideal orangtua. Seperti lumba-lumba, mereka tegas, namun fleksibel. Ini adalah gaya pengasuhan yang paling seimbang.

Anak-anak dapat mengikuti aturan dan bimbingan yang tepat dan lebih mampu membangun kemandirian sehat. Anak-anak dengan pola pengasuhan lumba-lumba cenderung menjadi kreatif, percaya diri, lebih baik dalam kinerja akademik dan memiliki keterampilan sosial yang lebih baik.

Mereka mematuhi aturan dan tumbuh menjadi individu yang bertanggung jawab, seimbang dan mandiri. (timesofindia.com)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : times of India
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro