Kopi/dailymail.co.uk
Fashion

Penikmat Kopi, Warna Cangkir Tentukan Rasa Manis & Pahit

Nancy Junita
Kamis, 11 Desember 2014 - 14:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Ingin rasa kopi lebih pahit? Sebaiknya Anda mengganti menggunakan wadah cangkir (mug).

Seperti dilansir Foxnews.com, warna cangkir yang digunakan memengaruhi rasa kopi yang diminum berdasarkan hasil penelitian yang dimuat di jurnal Flavour.

Ide untuk meneliti warna cangkir terhadap rasa dan selera konsumen ini berasal dari pengalaman seorang barista, bahwa menurut pelanggan rasa kopi lebih pahit bila menggunakan cangkir putih dibanding bila menggunakan cangkir berwarna bening.

Atas dasar ini, maka peneliti dari Federation University Australia, yakni George H Van Doorn, Dianne Wuillemindan Charles Spence melakukan penelitian seri eksperimental.

Para responden diminta minum kopi dari cangkir putih, cangkir bening, dan biru. Lalu, peneliti menganalisis jawaban para responden. Penelitian pun menemukan bahwa responden merasa kopi dari cangkir berwarna putih lebih pahit dibanding kopi di cangkir berwarna biru, dan bening.

Kemudian, para peneliti ini mengemukakan alasan, bahwa manusia cenderung mempersepsikan warna dengan rasa. Warna putih dipersepsikan dengan rasa lebih pahit.

Warna kopi yang cokelat secara signifikan kontras dengan warna cangkir putih. Sementara, rasa kopi dari cangkir bening lebih manis.

Bagaimana dengan cangkir warna biru? Hasilnya, kopi di cangkir ini memberi rasa lebih manis dan lebih pahit. Jadi, cangkir warna biru memberi rasa lebih kuat secara keseluruhan.

Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan untuk mempertimbangkan warna cangkir saat menyajikan kopi, karena warna memengaruhi multisensor konsumen. (Bisnis.com)

BACA JUGA:

Memasak & Memanggang Adalah Obat Depresi

Menteri Arief Janji Permudah Izin di Sektor Pariwisata

Hipertensi Bisa Bikin Pria Mandul

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : Foxnews.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro