Ilustrasi Vitamin K/
Fashion

5 Tanda Anda Kekurangan Vitamin K

Mia Chitra Dinisari
Senin, 15 Desember 2014 - 08:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Dari tiga jenis vitamin, diketahui jika vitamin K adalah hal yang sangat penting dan dibutuhkan tubuh manusia untuk memperkuat tulang dan memastikan tulang arteri lebih sehat.

Karena itu, tubuh Anda sudah pasti sangat membutuhkan vitamin yang satu ini. Karena jika Anda kekurangan vitamin K tentu saja ketahanan tulang Anda akan rapuh dan akibatnya tulang mudah patah.

Hal ini, tentu saja merepotkan masa tua Anda yang akan sulit mengandalkan tubuh Anda sendiri untuk melakukan kegiatan sehari-hari atau bahkan hanya untuk berjalan saja.

Berikut, beberapa tanda jika Anda kekurangan vitamin K dalam tubuh Anda:

1.Pendarahan

Salah satu tanda Anda kekurangan vitamin K adalah terjadinya pendarahan yang abnormal. Hidung perdarahan dan gusi berdarah adalah beberapa tanda-tanda yang bisa Anda perhatikan.

Dalam kasus ekstrim bisa ada pendarahan di saluran pencernaan. Bahkan Anda juga mengalami pendarahan saat buang air kecil.

2. Janin Tidak berkembang

Salah satu tanda Anda kekurangan vitamin K adalah melihat ketika Anda sedang hamil dan janin Anda tidak berkembang baik, dan seringkali muncul flek atau pendarahan. Bahkan, ketika Anda melakukan USG terlihat jika fitur wajah anak Anda dan organ tubuh lainnya tidak berkembang sempurna. Vitamin K membantu dengan pengembangan keseluruhan janin. Ini adalah salah satu alasan mengapa wanita hamil diberikan vitamin K sebagai suplemen.

3. Darah beku

Salah satu tanda Anda kekurangan vitamin, terutama vitamin K, adalah bahwa Anda akan melihat ada pembekuan darah yang luas dalam tubuh Anda. Hal ini karena kekurangan vitamin K akan menyebabkan penurunan kadar protrombin darah. Anda dapat mengalami pendarahan tak terkendali di lokasi bedah.

4. Endapan kalsium

Kekurangan vitamin K juga dapat menyebabkan deposisi kalsium yang berlebihan terutama pada jaringan lunak. Oleh karena itu, pengerasan arteri merupakan salah satu tanda Anda kekurangan vitamin K. Dalam kondisi ekstrim ini dapat menyebabkan kalsifikasi aorta berat.

5. Masalah pada usus

Kekurangan vitamin K ini dapat menyebabkan masalah besar dengan usus kecil. Sebagian besar masalah dapat disebabkan karena kekurangan vitamin K adalah obstruksi bilier, malabsorpsi, cystic fibrosis, dan reseksi usus kecil. Pastikan bahwa tubuh Anda mendapatkan cukup vitamin K. Setelah diet seimbang yang sehat adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro