Ilustrasi/Spicenotsugar.co.uk
Relationship

Ingin Jadi Travel Blogger? Perhatikan Dulu 3 Hal Penting Ini

Marta Fitria
Selasa, 16 Desember 2014 - 15:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Menceritakan kembali pengalaman tentang perjalanan wisata adalah suatu hal yang menarik. Bahkan, aktivitas ini bisa menjadi lapangan kerja yang saat ini banyak diminati dan digeluti orang-orang, yakni travel blogger.

Travel blogger adalah seseorang yang mengabadikan pengalaman mengenai perjalanan wisatanya dalam bentuk tulisan (biasa disertai dengan gambar) yang dimuat ke dalam sebuah Blog.

Orang tersebut bebas membagikan cerita tentang apa yang dialami, dirasakan, dan segala hal yang ingin dia sampaikan mengenai perjalanan wisatanya melalui tulisan.

Salah satu hal yang membuat semakin banyaknya para travel blogger adalah kemajuan teknologi, terutama internet, yang berkembang pesat. Semakin banyaknya media sosial, seperti Blog, Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, dan Tumblr, membuat masyarakat ingin menuangkan dan membagikan ceritanya kepada orang lain.

Namun, ada hal yang perlu diperhatikan jika seseorang ingin menjadi travel blogger atau penulis wisata. Nantinya, jika memang tulisannya menarik dan unik, penulis ini bisa diajak bekerja sama oleh orang atau perusahaan lain yang membutuhkan jasanya, sehingga nantinya bisa menjadi seorang travel blogger yang sukses dan terkenal.

Alexander Thian, seorang travel blogger yang terkenal dengan akun Twitter dan Instagramnya @amrazing, membagikan hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi seorang travel blogger.

Menurut Alex, ada tiga hal penting yang perlu diperhatikan untuk menjadi travel blogger, yaitu konsistensi, kualitas, dan jaringan (networking).

"Reputasi sebagai travel blogger itu tidak hanya dibangun dalam satu hari. Pertama, butuh konsistensi, yaitu banyak menulis dan membaca. Kedua, meningkatkan kualitas, dalam hal ini tulisan kita sendiri. Seseorang bisa disebut penulis kalau dia terus-menerus menulis," papar Alex saat ditemui beberapa waktu lalu.

"Ketiga, perluas networking. Dengan networking bagus dan dengan siapa kita bergaul, itu akan menentukan ke mana arah diri kita, atau ingin menjadi pribadi yang seperti apa," jelasnya lagi.

"Tiga hal ini saling berkaitan dan memang harus terus dibina, terutama networking. Dari networking tersebut kita bisa kenal siapa orang-orang yang bisa diajak kerja sama, proyek apa yang sedang diadakan, apakah bisa bergabung, dan apa yang bisa dikontribusikan. Nantinya, jika orang lain melihat kita bagus di suatu bidang, tentunya itu menjadi satu modal yang sangat bagus ke depannya," tambah Alex yang juga merupakan Blogger Ambassador PegiPegi.com.

Pria yang suka melihat tingkah laku orang lain saat melakukan perjalanan wisata ini juga berpesan bagi mereka yang ingin memulai menjadi travel blogger, yakni harus banyak memperluas networking.

Dia mengatakan suatu hal yang banyak memberikan hasil positif, kenapa tidak dilakukan. Lalu, jangan lupa untuk selalu konsisten dan latihan karena itu merupakan suatu kewajiban bagi seorang penulis. (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

TIPS CANTIK: 5 Alasan Lipstik Merah Selalu Menjadi Tren

4 Tips Rias Wajah Untuk Pemilik Kulit Sensitif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Marta Fitria
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro