Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ajang Pameran Batu Akik Terbesar di Sumbar Resmi Dibuka

Festival Kemilau Minangkabau, ajang pameran batu akik terbesar di Sumatera Barat, resmi dibuka oleh Gubernur Sumatera Barat.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 20 Desember 2014  |  07:14 WIB
Ajang Pameran Batu Akik Terbesar di Sumbar Resmi Dibuka
Ilustrasi - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Festival Kemilau Minangkabau, ajang pameran batu akik terbesar di Sumatera Barat, dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno yang didampingi oleh istri, Ny Nevi.

Pembukaan pameran yang akan berlansung mulai 19-21 Desember 2014 di sebuah hotal di Padang itu ditandai dengan penandatanganan banner "Kemilau Minangkabau" dan donasi bantu cincin lewat Dompet Dhuafa Singgalang.

Dalam sambutannya, Gubernur mengatakan, Pemerintah Daerah Sumatera Barat mendukung terselenggaranya Festival Kemilau Minangkabau.

"Kegiatan ini merupakan upaya menyatukan pengrajin batu akik, pengguna batu akik, dan sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang sumber daya alam Minangkabau seperti batu akik yang memiliki nilai jual yang tinggi," kata Gubernur Irwan dalam siaran persnya, Sabtu (20/12/2014).

Ditambahkan Irwan, Festival ini tentunya berdampak pada peningkatan income pengrajin batu akik, penambang batu, dan pedagang batu cincin itu sendiri.

"Dan ini membuka lapangan kerja baru di sektor industri kreatif," kata Irwan Prayitno.

Selain itu, Batu cincin asal Sumbar acap kali dijadikan souvenir bagi tamu yang datang ke Ranah Minang. Salah satu yang bisa diberikan adalah batu akik.

Ketua Panitia Festival Kemilau Minangkabau, Yulviadi, mengatakan event ini bisa sebagai ajang pembuktian bagi Sumatera Barat yang memiliki kekayaan berupa batu alam dengan nilai harga yang tinggi.

"Namun belum dikelola dengan baik. Pemerintah daerah harus memberi ruang kepada sentra-sentra pasar untuk para pedagang batu cincin. Sumatera Barat harus punya pasar batu cincin yang terpusat dan tertata dengan baik. Selama ini, potensi batu akik Sumatera Barat terlupakan. Padahal, jika dikelola dengan baik, tentu akan memberi dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata dia.

Saat ini, Sumatera Barat memiliki batu akik seperti Suayan, Lubuak Nyarai, Gantiang, Sialahan Pariangan, dan Sungai Dareh.

Sebelum pembukaan, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menghibur para pengemar batu akik serta penghuni hotel dengan membawakan beberapa lagu yang diiringi oleh grup musik Gilang Ramadhan Studio Band Padang.

Tiga lagu ditembangkan oleh Irwan sembari menabuh drum Festival Kemilau Minangkabau merupakan event pameran batu akik, bursa dan souvenir batu akik, kontes batu akik, dan ajang promosi pengrajin batu akik. Kegiatan ini dihelat 19-21 Desember 2014 dengan gelaran kontes batu akik pada Minggu.

"Luar biasa. Kami tak mengira pengunjung begitu antusias ingin menyaksikan festival Kemilau Minangkabau. Penggemar batu akik ternyata bukan hanya kaum lelaki, kaum perempuan juga tak kalah ramai," kata Winda Khairani, salah seorang panitia. (Antara)

 

BACA JUGA:

5 Hal Ini Dapat Halangi Anda Jadi Manajer Hebat

4 Kesalahan Komunikasi Paling Sering Dialami Pasangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pameran gaya hidup

Sumber : Antara

Editor : Andhina Wulandari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top