7 Cara Cerdas Jalani Pacaran Jarak Jauh

Menjalani hubungan jarak jauh memang sulit, tapi bukan tidak mungkin. Berikut ini adalah beberapa tips dalam menjalani pacaran jarak jauh.
Andhina Wulandari | 02 Januari 2015 13:53 WIB
Ilustrasi - Egodevelopment

Bisnis.com, JAKARTA- Menjalani hubungan jarak jauh memang sulit, tapi bukan tidak mungkin. Banyak kisah sukses pasangan yang berhasil pacaran jarak jauh dan semua itu bisa menjadi inspirasi bagi Anda untuk menjalani.

Tapi karena adanya perbedaan jarak yang memungkinkan Anda jarang bertemu juga bisa memunculkan sejumlah masalah. Hubungan pun jadi rentan pertengkaran dan kemungkinan untuk gagal jadi semakin besar.

Agar hubungan cinta Anda tetap berjalan baik, ikuti dulu beberapa cara cerdas menjalani pacaran jarak jauh berikut ini.

1. Sepakati aturan bersama

Sebelum menjalani hubungan jarak jauh, Anda dan pasangan harus sudah menyepakati sejumlah aturan bersama. Hal ini untuk mencegah kemungkinan pertengkaran yang tidak penting dan mengurangi kemungkinan putus. Atur pula ekspektasi masing-masing, misalnya Anda harus bekerja di jam tertentu sehingga akan sulit dihubungi dan pasangan harus tahu jadwal Anda agar tidak terjadi kesalahpahaman.

2. Komunikasi sesering mungkin

Dengan kemajuan teknologi saat ini, Anda punya banyak pilihan untuk berkomunikasi dengan pasangan. Pilih cara komunikasi yang paling nyaman bagi kalian berdua, misalnya telepon, sms, pesan singkat di BlackBerry Messenger, Whatsapp, email, atau Skype.

Lebih baik lagi atur jadwal pasti, seperti video chatting setiap Jumat. Ini akan membuat Anda dan pasangan saling menantikan kesempatan untuk berbicara tatap muka. Punya waktu khusus seperti itu juga akan membuat Anda dan pasangan tetap merasa spesial, meski sedang berjauhan.

3. Bertemu langsung jika memungkinkan

Apabila memungkinkan, lakukan pertemuan langsung. Cara ini mungkin masih bisa dilakukan untuk mereka yang berpacaran beda kota. Karena bagaimanapun, interaksi langsung akan lebih menyenangkan dibanding hubungan melalui medium tertentu. Namun, jika Anda menjalin hubungan dengan seseorang yang berbeda negara, maka pertemuan mungkin baru bisa dilakukan di hari-hari libur besar.

4. Bertengkar itu biasa

Pertengkaran biasa terjadi dalam sebuah hubungan asmara, jadi jangan berlebihan dan menyalahkan jarak sebagai pemicu pertengkaran. Karena pada kenyataannya, jika Anda dan pasangan bertemu setiap hari, pertengkaran tetap bisa terjadi.

Apabila terjadi pertengkaran, cobalah tenangkan diri Anda dulu sebelum akhirnya membicarakan masalah tersebut. Anda dan pasangan pastinya tidak akan menikmati pertengkaran itu, terlebih karena Anda tidak bisa bertemu dengannya saat berbaikan.

5. Jangan beri ruang untuk rasa cemburu

Rasa cemburu sangat mungkin timbul, terutama pada pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh. Cara agar Anda tidak termakan cemburu adalah dengan komunikasi sesering dan sejelas mungkin, saling percaya, dan tunjukkan pula pada pasangan bahwa Anda bisa dipercaya meski sedang berjauhan.

6. Punya pandangan yang sama

Anda dan pasangan juga harus memiliki pandangan yang sama, yaitu melihat situasi tersebut hanya sementara. Anda dan pasangan tentunya tidak akan selamanya berjauhan, mungkin hanya dalam hitungan bulan atau tahun. Buat cara pandang ini sebagai satu alasan untuk memotivasi Anda. Tak ada salahnya juga membuat rencana menikmati waktu bersama seandainya Anda dan pasangan kembali bersatu.

7. Selalu cari cara untuk mendekatkan diri

Daripada merasa sedih terus-terusan karena berpisah dengan pasangan, Anda bisa mencoba banyak cara untuk mendekatkan diri. Salah satunya, Anda bisa berjanji untuk bertemu di tengah-tengah, antara kota tempat Anda tinggal dan tempat dia tinggal.

Cara unik lainnya, coba ajak dia menonton film yang sama di saat yang sama, meski berjauhan. Cara ini supaya Anda dan dia tetap punya pengalaman yang sama. Cobalah tetap berinovasi untuk menemukan cara unik untuk mendekatkan diri untuk menjaga hubungan cinta Anda. (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

7 Manfaat Penting Makan Apel Setiap Hari

Ramalan Zodiak: Cinta dan Karir Sepanjang Tahun 2015 (Bagian 1)

Sumber : Youqueen/Ehow

Tag : relationship, tips cinta
Editor : Andhina Wulandari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top