Buku berjudul Diet Detoks: Cara Ampuh Menguras Racun Tubuh. /
Referensi

Sehat dan Muda dengan Diet Detoks

Agnes Savithri
Minggu, 4 Januari 2015 - 21:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Makanan yang kita santap sehari-hari selain memberikan asupan gizi, juga mengandung sejumlah racun yang tidak baik untuk tubuh. Zat kimia, pestisida, polutan dan bahaya lainnya dapat masuk ke dalam tubuh mulai dari makanan hingga udara yang kita hirup.

Walaupun manusia secara alamiah memiliki kemampuan mengeluarkan racun tersebut, tetap harus ada proses khusus yang bisa membuat zat-zat tak berguna tersebut keluar dari tubuh.

Cara mengeluarkan racun dalam tubuh atau yang dikenal dengan detoksifikasi banyak dibahas olah para ahli seperti yang ditulis Andang W. Gunawan dalam sebuah buku berjudul Diet Detoks: Cara Ampuh Menguras Racun Tubuh.

Buku ini memberikan pemahaman mengenai detoksifikasi, toksin dalam tubuh hingga resep yang tepat untuk diet detoks. Semua materi ini dituturkan dengan bahasa yang ringan, sehingga mudah dipahami.

Bagi sebagian orang, diet seringkali dihubungkan dengan orang dengan berat badan yang berlebih. Melalui buku ini, Andang menampilkan persepsi lain yakni diet khususnya diet detoks tidak hanya diperuntukan bagi orang dengan berat badan berlebih, tetapi juga bagi orang yang ingin mulai hidup sehat.

Andang menjelaskan diet detoks memiliki manfaat yang sangat besar bagi seseorang. Diet ini tidak hanya mengeluarkan racun dalam tubuh, tetapi juga bisa membantu pencernaan, fungsi kekebalan tubuh, fungsi mental, dan kejernihan pikiran.

Dalam buku ini ditunjukkan beberapa gambaran detoksifikasi seperti food combining yakni mengatur pola makan dengan tepat hingga puasa.   Berpuasa dapat dilakukan cara yang beragam. Pembaca akan direkomendasikan jenis puasa yang tepat dan bagaimana caranya.

Tidak hanya itu, bagaimana cara yang tepat untuk memulai program detoks pun dipaparkan dengan jelas dalam buku ini.  Diberikan gambaran bagaimana seorang pemula yang ingin memulai detoks.

Bagi orang yang tidak terbiasa, detoks membutuhkan waktu penyesuaian. Andang menekankan dalam proses detoks ini memang tidak instan, tetapi hasilnya akan tahan lama. Dia pun memberikan masukan melalui beberapa pengalamannya sendiri sehingga yang tertulis tidak hanya sekumpulan teori.

Buku ini juga dilengkapi dengan tahapan detoksifikasi di tubuh sehingga pemula yang ingin mencoba dapat mengetahui gambaran detail. Misalnya dalam beberapa hari pertama efek samping yang terjadi seperti timbulnya gejala sakit kepala, pusing, mual dan gejala lainnya. 

Detoksifikasi merupakan proses yang harus menjaga pola makan. Agar pemula yang ingin mencoba tidak kebingungan, buku ini menyertai berbagai jenis resep dan tips yang dapat dijadikan sebagai panduan melalukan diet detoks.

Tidak hanya itu, buku ini pun dilengkapi dengan tabel menu diet detoks.  Tabel ini berguna terutama bagi pemula yang kebingungan mengatur pola makan.  Mereka tinggal mengikuti menu yang terdapat dalam tabel yang disediakan. 

BACA JUGA:

Tahun Eling lan Waspada

Pilih Topik Berita Favorit untuk Diulas Harian Bisnis Indonesia

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Agnes Savithri
Editor : Setyardi Widodo
Sumber : Bisnis Indonesia Week End edisi 4/1/2015
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro