Haruki Murakami /kaleo.org
Referensi

Interaksi dengan Pembaca ala Penulis Haruki Murakami

Agnes Savithri
Kamis, 8 Januari 2015 - 17:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Jika Anda mengkhawatirkan masa depan? Atau mungkin makna dari kehidupan? Atau bisa juga mencari kenyataan dari hal yang tidak nyata di dunia ini? Semua pertanyaan tersebut bisa Anda tanyakan pada penulis terkenal asal Jepang, Haruki Murakami untuk pencerahan atau seperti kebanyakan penulis surealis yang bisa berikan.

Sebagai penulis yang sering dijagokan sebagai penerima Nobel Kesusastraan, Murakami terkenal dengan hobinya menyembunyikan tempat tinggalnya. Hingga saat ini tidak ada yang mengetahui pasti di belahan bumi mana dia tinggal. Hal tersebut sering dia jadikan candaan karena dia tidak ingin digigit para fansnya jika tinggal terlalu dekat.

Dalam musim semi yang relatif pendek kali ini, penulis berumur 65 tahun yang menjadi the Global Bestselling Author akan menjawab semua pertanyaan yang ditujukan untuk dirinya dari pembaca. Kesempatan ini diumumkan oleh penerbit Murakami, Shinchosha.

“Dia [Murakami] menyukai keterkaitan dengan para pembacanya, tapi dia agak kesulitan dalam berinteraksi terutama menyebutkan ketertarikannya. Semoga dengan ini dia bisa lebih luwes dan santai,” tutur juru bicara Shinchosha seperti yang dikutip dari Reuters.

Pihak Murakami akan menerima pertanyaan dari para penggemar dari mulai tanggal 15 hingga 31 Januari 2015. Murakami akan memberikan jawabannya satu per satu hingga akhir Maret di halaman website perusahaan dalam kolom Murakami Place.

Lahir di Kyoto, buku bergenre surealis Murakami sudah diterjemahkan lebih dari 50 bahasa di dunia. Salah satu novel terbarunya yang berjudul Colorless Tsukuru Tazaki and His Years of Pilgrimage menjadi salah satu bestseller yang membuat para pembacanya di Jepang rela antri di depan toko pada tengah malam.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Agnes Savithri
Editor : Agnes Savithri
Sumber : Reuters
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro