Buah dan sayur/Bodsky.com
Health

15 Makanan Peningkat Hemoglobin

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 21 Januari 2015 - 10:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Hemoglobin hadir dalam sel darah merah, yang diperoleh terutama terdiri dari zat besi. Hemoglobin bertanggung jawab untuk membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh.

Dia  membawa karbondioksida dari jaringan tubuh ke paru-paru. Hemoglobin adalah sangat penting untuk menjalani hidup sehat . Kelangkaannya dalam darah dapat menyebabkan anemia. Tidak mengonsumsi makanan yang kaya zat besi , asam folat , vitamin C dan vitamin B12 dapat menyebabkan penurunan kadar hemoglobin .

Gejala-gejala rendahnya kadar hemoglobin adalah kelelahan , kelemahan , sesak napas , pusing , sakit kepala dan kulit pucat . Bagaimana meningkatkan kadar hemoglobin ? Ada beberapa pengobatan rumah untuk meningkatkan kadar hemoglobin.

Berikut beberapa pengobatan rumah yang efektif untuk meningkatkan kadar hemoglobin.

Makanan kaya besi seperti sayuran

Anda dapat meningkatkan kadar hemoglobin dengan mengambil makanan yang kaya zat besi seperti bayam dan daun fenugreek . Mereka memberikan suplai besi yang baik dan membantu dalam meningkatkan kadar hemoglobin

Kacang-kacangan

Semua jenis kacang-kacangan kaya akan zat besi. Kacang-kacangan termasuk kacang kedelai , kacang merah merah , buncis , kacang polong, kacang hitam , lentil, kacang fava . Makan Kacang-kacangan dalam diet harian Anda akan meningkatkan tingkat zat besi Anda .

Bit

Bit merupakan sumber yang kaya zat besi . Anda dapat makan bit dalam berbagai bentuk seperti salad , jus bit atau menyiapkan hidangan manis bit .

Semangka

Semangka menyediakan besi bersama dengan tingkat tinggi protein , karbohidrat , kalium , vitamin C dan vitamin B. Secara teratur memiliki buah ini dapat meningkatkan kadar hemoglobin. Hal ini juga akan memberikan energi dan stamina tubuh Anda .

Vitamin C

Vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan . Jadi tanpa cukup vitamin C dalam diet Anda , besi dari sumber makanan tidak akan bisa diserap dengan baik. Makanan kaya vitamin C mencakup semua buah jeruk , pepaya , jeruk , stroberi dan anggur . Sayuran seperti capsicum , brokoli , kubis , tomat dan bayam juga mengandung vitamin C.

Daging merah

Bagaimana meningkatkan kadar hemoglobin ? Daging merah berlimpah zat besi . Daging merah menyerap zat besi dengan mudah dibandingkan dengan sumber tanaman . Daging sapi , daging kambing , hati anak sapi , hati ayam merupakan sumber zat besi yang baik.

Herbal kering

Menambahkan bumbu kering seperti ketumbar , spearmint , kemangi , seledri , peterseli kering , daun salam untuk diet Anda dapat membantu dalam meningkatkan kadar hemoglobin . Selalu tambahkan bumbu kering untuk makanan Anda . Selain memberikan besi , mereka juga menambah rasa pada makanan Anda .

Biji labu

Mereka kaya akan zat besi . Mereka juga mengandung Omega - 3 asam lemak dan seng . Anda dapat memakannya mentah atau Anda juga dapat memakannya dengan salad .

Vitamin B12

Vitamin B12 diperlukan untuk meningkatkan kadar hemoglobin . Anda harus memiliki makanan yang mengandung jumlah yang cukup vitamin B12 dan folat . Daging dan telur kaya akan vitamin B12 .

Makanan Laut

Laut merupakan sumber yang sangat baik dari hemoglobin . Makanan laut seperti tuna , kerang , lele , salmon , tiram dan sarden merupakan sumber yang baik dari hemoglobin.

Produk susu

Produk susu seperti susu , buttermilk , keju dan dadih merupakan sumber zat besi yang baik dan membantu dalam meningkatkan kadar hemoglobin .

Buah Anggur

Bagaimana Anda bisa meningkatkan kadar hemoglobin ? Anggur merupakan sumber yang sangat baik dari besi , terutama anggur hitam . Anda tidak boleh lupa untuk memiliki anggur dengan buah-buahan lain Anda untuk meningkatkan kadar hemoglobin Anda .

Buah-buahan kering

Buah-buahan kering seperti aprikot , plum , tanggal dan kismis adalah sumber yang sangat baik dari hemoglobin . Kandungan zat besi yang tinggi dalam buah kering membantu bentuk hemoglobin . Mereka juga memberikan nutrisi lain dan vitamin untuk tubuh .

Bumbu Masak

Rempah-rempah seperti thyme , biji jintan , oregano , basil , kayu manis dan bijak merupakan sumber kaya zat besi . Oleh karena itu , jangan lupa untuk menyertakan rempah-rempah ini dalam diet Anda .

Biji wijen

Mereka kaya zat besi dan membantu meningkatkan kadar hemoglobin . Anda dapat memiliki mereka dengan hidangan manis atau dapat mempersiapkan hidangan dari biji wijen .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro