Sejumlah pengisi acara Tribute To Rinto Harahap (kiri ke kanan) Cindy Claudia Harahap, Achi Harhap, Agnes Monica, Rinto Harahap, Iis Sugiarto, dan Widya Kristianti saat menghadiri konfrensi pers terkait akan di gelarnya konser akbar bertajuk A Tribute To Rinto Harahap di Jakarta, Kamis (12/4/2013.
Musik

RINTO HARAHAP MENINGGAL: Ternyata Lagu Saya Enak Juga (Rinto)

Yusran Yunus & Sutan Eries Adlin
Senin, 9 Februari 2015 - 23:39
Bagikan

Kabar24.com, JAKARTA – Pada Mei 2013, 14 lagu yang merupakan karya hit dari Rinto Harahap sempat dinyanyikan ulang oleh beberapa penyanyi muda dalam album Rinto Harahap in Latin Love Songs.

Dalam album tersebut, lagu Rinto Harafap dinyanyikan kembli oleh beberapa penyanyi seperti Dira Sugandi, Ermy Kullit, dan Cindy Claudia Harahap.

"Album yang ini iramanya bossas," kata Cindy Claudia Harahap, yang juga putri sang pencipta lagu, ketika itu.

Erwin Harahap, adik Rinto, yang bertindak sebagai produser memang sengaja memilih musik Latin dalam album ini. 

"Musik Latin itu dinamis, ada bossas, ada salsa," kata Erwin saat menggelar jumpa media peluncuran "Rinto Harahap in Latin Love Songs".

Erwin berpendapat lagu Rinto yang mayoritas bertema cinta tepat dibawakan dalam periode ini.  "Di negara kita cinta sedang memudar. Mulai dari cinta dalam keluarga, terjadi perceraian. Antara pemerintah dengan rakyatnya juga. Kalau kita mencintai, akan mudah cari penyelesaian yang baik."

Rinto Harahap yang beberapa tahun belakangan menderita stroke itu ketika itu mengaku awalnya biasa saja mendengar gagasan para penyanyi akan membawakan lagu-lagu ciptaannya.

"Tapi setelah mendengar album ini, saya terenyuh. Ternyata lagu saya enak juga," kata Rinto terbata-terbata seperti ditulis Antara pada Mei 2013.

"Semoga album ini bikin Papa semangat untuk bisa bikin lagu lagi, bisa berkarya lagi, dan bisa menyenangkan penggemarnya," kata Cindy.

Lagu Rinto yang masuk album ini antara lain Benci Tapi Rindu (Dira Sugandi), Bila Kau Seorang Diri (Indah Winar), dan Seandainya Aku Punya Sayap (Ermy Kullit).

Rinto Harahap meninggal pada Senin (9/2/2015) pukul 21.45 WIB. Menurut Ulin Ni'am Yusron, seorang kerabat karib Ratna Harahap, anak Rinto Harahap, Rinto menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Mount Elizabeth Singapura. 

"Jenazah almarhum esok akan dibawa ke Tanah Air. Kiranya keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan penghiburan," begitu status Ulin di Facebook.

Rinto Harahap lahir di Sibolga, Sumatra Utara, 10 Maret 1949. Pada  1970,  bersama sahabat karibnya Charles Hutagalung dan Reynold Panggabean mendirikan grup band The Mercy's yang begitu fenomenal.

Rinto juga mendirikan perusahaan rekaman bernama Lolypop di era 1970-an.  Tidak sedikit penyanyi berbakat dan memiliki nama tenar, lahir dari tangan dingin almarhum, diantaranya Nia Daniati, Betharia Sonata, Christine Panjaitan, iis Sugianto, Eddy Silitonga.

Dari hasil pernikahannya dengan putri Solo, Lily Kuslolita, Rinto dikaruniai tiga anak, salah satunya penyanyi Cindy Claudia Harahap.

Beberapa judul lagu hasil ciptaan dan dinyanyikan sendiri oleh Rinto yang akrab di telinga pecinta musik nusantara, a.l. Kuingin Cinta yang Nyata, Love, Woman, Hari Telah Berganti, Hatiku Bernyanyi, Ibu, Ayah Keroncong Sayang, Untuk Apa, Seindah Rembulan, Masih Adakah Rindu, Suara Hati, Aku Tak Pernah Bosan, Akupun Ingin Cinta, Injit-injit semu. (Bisnis.com/Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Antara/Bisnis.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro