7 Bahan Alami Untuk Mengobati Infeksi Telinga

Infeksi bakteri dan virus umum terjadi, terutama pada musim dingin. Salah satunya adalah infeksi pada telinga.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 20 Februari 2015  |  11:10 WIB
7 Bahan Alami Untuk Mengobati Infeksi Telinga
7 bahan alami untuk mengobati sakit telinga - boldsky

Bisnis.com, JAKARTA—Infeksi bakteri dan virus umum terjadi, terutama pada musim dingin. Salah satunya adalah infeksi pada telinga.

Infeksi telinga terjadi ketika infeksi bakteri atau virus mempengaruhi telinga tengah (bagian dari telinga Anda tepat di belakang gendang telinga) Infeksi telinga dapat menyakitkan karena peradangan dan cairan membangun di telinga tengah.

Infeksi ini dapat mempengaruhi berbagai organ tubuh lainnya, tetapi telinga adalah salah satu daerah yang sangat rentan. Penyebab infeksi telinga berbeda berdasarkan di mana tepatnya infeksi telah terjadi.

Infeksi dalam telinga bagian dalam yang jauh lebih berbahaya, dan memerlukan perhatian medis profesional. Penyebab umum dari infeksi telinga penumpukan lilin di telinga, infeksi saluran pernapasan atas, kekurangan gizi, kelainan genetik, alergi makanan, alergi lingkungan dan luka.

Untungnya ada banyak obat herbal yang efektif untuk infeksi telinga. Tanda-tanda dan gejala infeksi telinga banyak dan berbeda dari orang ke orang. Namun, ada tanda-tanda umum tertentu dan gejala yang mungkin menunjukkan terjadinya infeksi telinga.

Umumnya yang dirasakan adalah nyeri di telinga, sakit kepala, sensasi berdengung di telinga, cairan mengalir dari telinga, demam tinggi, mual, muntah, masalah tidur, respon yang buruk terhadap suara.

Biasanya orang mengobatinya dengan antibiotik. Namun terlalu sering menggunakan obat antibiotik selama bertahun-tahun, membuat bakteri menjadi lebih kebal.

Karenanya Anda bisa mengobati sakit yang satu ini dengan bahan alami seperti berikut ini:

Bawang Putih
Bawang putih sangat antimikroba di alam dan memiliki penghilang rasa sakit alami sifat, yang membuatnya di antara obat alami terbaik untuk mengasti infeksi telinga. Rebus 3-4 siung bawang putih segar dalam air selama 5-7 menit. Hancurkan dan tambahkan cengkeh, garam. Tempatkan campuran ini dengan kain bersih dan letakkan di telinga yang terkena infeksi.

Minyak pohon teh

Minyak pohon teh memiliki sifat antibakteri yang luar biasa yang membuatnya obat herbal yang sangat baik untuk infeksi telinga. Campur beberapa tetes minyak pohon teh dengan 1 sdm minyak zaitun dan hangatkan. Dengan menggunakan pipet, isi telinga Anda dengan minyak ini. Biarkan tetap selama satu menit atau lebih, dan kemudian balikkan telinga Anda untuk mengeluarkannya.

Kemangi
Ekstrak kemangi dapat digunakan untuk mengobati infeksi telinga ringan dan meredakan sakit telinga yang terkait dengan itu. Handurkan  4-5 daun kemangi dan tempelkan di sekitar telinga yang terinfeksi.

Bawang Bombay
Potong bawang, dan masukkan dalam microwave selama beberapa menit. Tambahkan beberapa tetes cairan yang diperoleh setelah microwave ke telinga yang terinfeksi.

Cuka sari apel

Cuka sari apel bekerja sebagai pengobatan alami yang besar untuk infeksi telinga yang disebabkan oleh jamur. Campur dengan air atau alkohol. Rendam bola kapas ke dalam campuran ini. Biarkan terpasang di telinga Anda selama 5-7 menit. Lepaskan bola kapas dan berbaring di sisi berlawanan.

Minyak Zaitun
Salah satu penyebab utama infeksi telinga lilin di telinga menangkap beberapa pertumbuhan jamur atau bakteri yang menyebabkan penyumbatan di saluran telinga. Anda dapat dengan mudah menghapus obstruksi dengan bantuan minyak zaitun. Hangatkan sedikit minyak zaitun sedikit. Masukan beberapa tetes minyak hangat ke dalam telinga yang terinfeksi. Minyak akan menyebabkan lilin melunak. Lepaskan lilin yang terinfeksi dengan kapas penyeka berujung.

Daun mangga

Ekstrak daun mangga adalah pengobatan yang cepat dan efektif. Hancurkan 2-3 daun mangga. Menggunakan pipet, berikan 3-4 tetes cairan ke dalam telinga yang terinfeksi. Dalam beberapa menit, Anda akan merasa lega dari rasa sakit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
infeksi

Sumber : boldsky

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top