Dokter gigi memeriksa gigi seorang anak/Antara
Health

Gigi Berlubang Bikin Prestasi Anak Menurun

Deandra Syarizka
Rabu, 25 Februari 2015 - 16:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Masalah rongga mulut yang kerap dijumpai pada anak-anak adalah gigi berlubang. Hasil penelitian yang dilakukan Pepsodent dan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UI mengungkapkan fakta bahwa siswa yang sering sakit gigi cenderung lebih banyak absen. Ini berpengaruh pada prestasi belajar.

Penelitian yang melibatkan 984 anak di tiga Sekolah Dasar di Bekasi ini memperlihatkan fakta bahwa 94% anak usia enam hingga tujuh tahun mengalami sedikitnya satu gigi berlubang pada  gigi susu mereka. Sementara itu, 82% anak usia 10-11 tahun juga memiliki satu gigi berlubang pada gigi tetap mereka.

“Kebanyakan responden berasal dari keluarga yang telah memiliki kebiasaan menyikat gigi dua kali sehari, tetapi ketika dicek secara klinis masih ada endapan plak pada giginya,” ujarnya kepada Bisnis.com, Rabu (25/03/2015)

Menurutnya, hal ini terjadi karena umumnya pada orang ua membiasakan sikat gigi pada waktu mandi pagi dan sore, sedangkan  para dokter gigi menganjurkan waktu terbaik untuk menyikat gigi adalah setiap sehabis sarapan dan sebelum tidur.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro