Wanita hamil mengenakan high heels/independent.ie
Health

Kapan Waktu Tepat Berolahraga Bagi Wanita Yang Baru Melahirkan? Ini Penjelasannya

Fitri Rachmawati
Jumat, 6 Maret 2015 - 10:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi wanita yang baru saja melahirkan, jangan terburu-buru untuk memulai aktivitas olahraga karena jika dipaksakan akan berdampak kurang baik bagi kesehatan.

Ketua Umum Persatuan Obstetri Ginekolog Indonesia (POGI), Nurdadi Saleh mengatakan waktu yang tepat berolahraga bagi wanita yang sudah melahirkan secara normal adalah sudah melewati masa nipas dan menyusui eksklusif selama 6 bulan.
 
Jika sudah melewati masa tersebut maka diperbolehkan melakukan olahraga seperti lari hingga olahraga berat.
 
“Untuk awal anda bisa mencoba olahraga ringan setelah badan bisa beradaptasi baru ke olahraga berat,” katanya Jumat (6/3/2015).

Sementara itu, jika terlalu banyak berolahraga fisik terutama pada minggu-minggu pertama setelah bersalin normal bisa menyebabkan cairan dari vagina berwarna merah muda atau merah dan mengalir lebih banyak, biasa disebut dengan pendarahan lokia.
 
Adapun jika yang dirasakan air seni merembes ketika batuk atau bersin hingga mengalami nyeri punggung di daerah pubis, sebaiknya olahraga tidak dilakukan dan segeralah periksa ke dokter.
 
Selain itu, karena ligamen setelah melahirkan lebih lentur terutama sekitar 3-5 bulan, sebaiknya harus menghindari peregangan yang berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fitri Rachmawati
Editor : Yusran Yunus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro