Health

8 Tips Menjaga Kesehatan Ginjal

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 12 Maret 2015 - 11:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Penyakit ginjal kronis memengaruhi kehidupan penderitanya, menjadi masalah kesehatan utama di seluruh dunia. Mereka yang terkena dampak menjalani kehidupan yang sulit, takut dengan kemungkinan dialisis atau kebutuhan untuk transplantasi.

Namun sebenarnya, kesehatan ginjal bisa dijaga dan dirawat sebelum munculnya masalah. Sayangnya, tidka banyak ornag menyadari pentingnya menjaga kesehatan ginjal tersebut.

Padahal, menjaga kesehatannya cukup dengan menjalani gaya hidup yang sehat yang tidak membahayakan ginjal Anda. Berikut adalah cara atas untuk menjaga kesehatan ginjal Anda:

Menjaga tingkat gula darah Anda selalu normal Memiliki diabetes memicu penyakit ginjal. Sejumlah besar pasien diabetes mengalami gagal ginjal dan harus cuci darah atau transplantasi organ. Juga penting bagi penderita diabetes untuk menjalani tes fungsi ginjal secara teratur untuk mendeteksi anomali awal. Kerusakan ginjal akibat diabetes dapat dikurangi atau dicegah jika terdeteksi dini.

Mengelola tekanan darah

Hipertensi membuat Anda berisiko lebih besar terkena stroke dan penyakit kardiovaskular; juga meningkatkan risiko Anda mengalami kerusakan ginjal. Risiko dikalikan jika Anda diabetes serta menderita hipertensi. Jika Anda memiliki riwayat keluarga hipertensi dan penyakit ginjal, tetap memeriksa rutin tekanan darah Anda.

Menjaga kadar kolesterol Anda.

Kurangnya aktivitas fisik memicu risiko kolesterol. Berolahraga membantu menjaga kadar kolesterol, tekanan darah dan berat badan. Kelebihan berat badan meningkatkan risiko mengembangkan diabetes dan tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit ginjal.

Makan sehat

Makan makanan yang sehat dengan banyak buah-buahan dan sayuran membuat Anda aman dari beberapa penyakit. Kurangi konsumsi makanan tinggi kalori, mengurangi asupan garam, makanan olahan dan maknan kemasan. Konsultasikan dengan ahli gizi untuk untuk mengetahui pola makan yang ramah ginjal.

Hindari kebiasaan buruk

Minum alkohol berlebihan tidak hanya menyebabkan kerusakan hati, juga meningkatkan risiko kerusakan ginjal. Demikian pula, merokok berlebihan tidak hanya membahayakan paru-paru, tetapi juga mempengaruhi kesehatan ginjal.

Menjaga asupan cairan yang cukup

Kita semua tahu betapa pentingnya minum air yang cukup untuk kesehatan tubuh dan ginjal. Mengkonsumsi banyak air dan cairan lainnya membantu ginjal lebih sehat. Berapa banyak asupan cairan yang tepat untuk seseorang tergantung pada beberapa faktor termasuk kondisi iklim dan kesehatan orang tersebut, tingkat latihan fisik dan apakah seseorang hamil atau menyusui.

Tahu riwayat kesehatan keluarga Anda

Mengetahui riwayat kesehatan keluarga Anda membantu Anda menghindari faktor risiko terkena penyakit ginjal. Orang-orang yang memiliki orang tua atau kerabat lainnya dengan penyakit ginjal secara genetik cenderung berisiko terkena penyakit ginjal. Jika Anda berada pada risiko yang lebih besar, pastikan Anda mendapatkan tes fungsi Seringkali, banyak orang menemukan bahwa mereka memiliki penyakit ginjal tanpa gejala.

Mengkonsumsi obat yang aman untuk ginjal

Asupan obat berlebihan, obat penghilang rasa sakit dan analgesik seperti ibuprofen bukan hal yang sehat. Beberapa obat ini dapat membahayakan ginjal bila dikonsumsi secara teratur. Orang yang hidup dengan arthritis atau kondisi yang menyakitkan lainnya seperti sering membutuhkan obat penghilang rasa sakit secara teratur. Pastikan diresepkan oleh dokter Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Timesofindia
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro