Ilustrasi/Gamesandcash
Relationship

4 Cara Untuk Berhenti Belanja Impulsif

Andhina Wulandari
Selasa, 17 Maret 2015 - 08:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Ada sebagian orang yang memiliki kebiasaan belanja impulsif atau belanja dengan tiba-tiba tanpa perencanaan. Masalahnya, kebiasaan seperti ini bisa membuat keuangan Anda jadi kacau.

Cobalah beberapa cara berikut ini untuk menghentikan kebiasaan belanja impulsif.

1. Ciptakan bujet

Sebaiknya buatlah bujet bulanan untuk berbagai keperluan pribadi Anda. Dimulai dari kebutuhan primer, kredit atau utang yang harus dibayarkan, dan lain sebagainya. Sisihkan juga sedikit uang yang bisa Anda gunakan untuk bersenang-senang, misalnya untuk biaya makan di restoran, belanja baju, dan berlibur.

2. Buat rencana

Jika Anda pergi ke sebuah toko dan menemukan barang yang Anda sukai namun harganya mahal, jangan langsung membelinya saat itu. Lebih baik Anda rencanakan cara untuk mendapatkannya, misalnya dengan cara menabung dalam jangka waktu tertentu.

Dengan menahan diri seperti itu, Anda akan terhindarkan dari belanja impulsif, bahkan bisa juga setelah dipikir-pikir Anda merasa tidak terlalu membutuhkan barang tersebut.

3. Bawa uang tunai

Saat Anda sedang berjalan-jalan ke pusat perbelanjaan, biasakan membawa uang tunai saja dan simpan kartu kredit di rumah. Kartu kredit adalah godaan terbesar bagi si doyan belanja, karena Anda merasa tidak belanja jika hanya menggesek kartu dan bukan mengeluarkan uang tunai.

4. Jauhi pesta diskon

Sebenarnya pesta diskon hanya akan membuat Anda belanja hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Di pikiran Anda hanya muncul kalimat, “Mumpung diskon”, padahal ini semua hanya jebakan. Jadi daripada Anda terjebak dalam godaan belanja, lebih baik Anda menghindari pusat perbelanjaan yang menggelar pesta diskon. (Bisnis.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Youqueen
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro