Ilustrasi/Wikihow
Konsultasi Fashion

KONSULTASI FASHION: Merasa Tak Modis Karena Gemuk

Andhina Wulandari
Kamis, 19 Maret 2015 - 13:20
Bagikan

Halo mbak,

Saya punya masalah dengan berat badan. Sekarang berat badan saya 57 kg dengan tinggi badan 157 cm. Saya selalu mengalami kesulitan untuk memilih pakaian yang pantas untuk digunakan. Semua teman bilang saya gendut dan tidak modis, karena pakai baju yang itu-itu terus.

Mohon solusinya. Terima kasih.

Yulyana Yuli, 20 ([email protected])

Jawab:

Halo Yuli. Pertama-tama, ketahui dulu hal-hal dasar dalam berpakaian yang bisa mengaksentuasi atau justru menyamarkan bagian tubuh tertentu.

Warna gelap, seperti hitam, bisa menyamarkan. Sementara warna terang akan memberi sorotan. Jika kamu suka bagian pinggang, maka coba padukan dress hitam dengan ikat pinggang berwarna terang. Jika kamu lebih suka bagian tubuh atas ketimbang bagian tubuh bawah, maka pasangkan celana hitam dengan blus berwarna terang atau blus bermotif.

Untuk pemilihan motif, hindari menggunakan motif berukuran besar dengan warna-warna terang, yang bisa membuat tubuh terlihat lebar. Lebih baik, pilih motif berukuran kecil atau motif-motif halus dalam warna yang tidak terkesan ‘ramai’.

Hindari pula motif horizontal dan sebaiknya pilih motif vertikal. Pilih juga dress atau busana yang memiliki garis vertikal, sehingga membuat bentuk tubuh lebih panjang.

Lihat juga bentuk tubuh kamu, apakah berbentuk pear (memiliki bentuk pinggul yang lebar) atau bentuk apel (bagian dada dan perut lebar).

Untuk pemilk tubuh pear, terutama jika kamu bertubuh pendek, hindari celana berbentuk bell bottom atau yang melebar di bawah. Sebaiknya pilih celana model skinny atau bisa juga model lurus, dan pastikan celana berwarna gelap untuk menyamarkan bentuk pinggul.

Sementara untuk pemilik tubuh apel, hindari memakai busana model crop, seperti bolero atau crop top, yang akan memotong di bagian pinggang. Pilih kardigan atau blazer panjang yang menutupi bagian pinggul, sehingga membuat siluet kamu lebih lurus.

Untuk model dress, kamu bisa memilih wrap dress, yang memiliki tali di bagian pinggang. Model busana ini memberi kesan seksi, karena akan membentuk siluet tubuh.

Selanjutnya, jangan takut untuk bermain aksesori. Kamu bisa menggunakan aksesori berupa anting besar atau kalung besar, tapi pilih salah satu saja agar tidak terkesan berlebihan.

Pemilihan tas berukuran besar juga bisa menjadi penyeimbang tubuh kamu yang gemuk. Pilih dalam warna-warna netral, sehingga mudah dipadupadankan.

Terakhir dan tak kalah penting, selalu pilih busana dengan ukuran yang sesuai. Hindari memakai busana yang terlalu longgar atau justru terlalu ketat. Busana dengan ukuran sesuai tak hanya membuat kamu merasa nyaman, tapi juga membuat penampilan terlihat lebih menarik.

Semoga saran ini membantu. (Bisnis.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro