Ilustrasi/Sheknows
Relationship

4 Tips Hilangkan Rasa Takut untuk Berkomitmen

Andhina Wulandari
Rabu, 8 April 2015 - 20:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Pengalaman tidak menyenangkan yang Anda rasakan di masa lalu bisa membuat Anda takut untuk berkomitmen di kemudian hari.

Namun, jangan langsung menyerah kepada ketakutan Anda itu. Cobalah beberapa tips berikut ini untuk menghilangkannya.

1. Berhenti bohong pada diri sendiri

Anda mungkin menganggap bahwa berada dalam hubungan yang tidak berkomitmen akan lebih mudah. Pada akhirnya hal itu akan tetap menyakitkan, terutama jika Anda mempunyai harapan tertentu. Ketakutan akan komitmen biasanya mengarah pada sikap sinis, sehingga Anda pun sulit menerima kenyataan.

Cobalah jujur pada diri sendiri dan tanyakan pada diri Anda, apakah hubungan tanpa komitmen itu benar-benar Anda butuhkan? Benarkah Anda bahagia melajang atau sebenarnya mengharapkan hubungan jangka panjang?

2. Kenali alasannya

Langkah selanjutnya untuk mengatasi rasa takut berkomitmen adalah dengan menganalisa sumber ketakutan itu sendiri. Apakah karena Anda berkali-kali bertemu dengan orang yang kasar, pernah berselingkuh, atau lainnya? Dengan mengetahui sumber dari keengganan Anda berkomitmen, Anda pun akan lebih mudah mengatasinya.

3. Tingkatkan rasa percaya diri

Ada kalanya Anda merasa rendah diri ketika berkali-kali gagal menjalin hubungan asmara. Namun jangan membebani diri Anda dengan semua kesalahan yang terjadi di masa lalu. Sebuah hubungan terdiri dari dua orang yang berbeda. Keduanya sama-sama mempunyai peranan penting akan keberhasilan atau kegagalan hubungan itu.

4. Jangan putus asa

Lepas dari rasa takut akan komitmen memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak mungkin. Semua itu harus kembali ke diri Anda, bagaimana Anda berusaha secara bertahap membangun kembali rasa percaya diri Anda. Ketika berurusan dengan hubungan, menghilangkan ketakutan berkomitmen pada intinya adalah bisa melepaskan diri Anda dan tidak menarik diri. (Bisnis.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Takeyourtips
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro