Ilustrasi/Personneltoday
Health

Ini Dia 4 Hal Yang Bisa Menurunkan Kekebalan Tubuh

Wiwiek Endah
Minggu, 10 Mei 2015 - 18:00
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR - Menurunnya sistem kekebalan tubuh, atau yang juga dikenal dengan sistem imunitas, mampu meningkatkan risiko terserang beragam penyakit, mulai dari yang ringan seperti influenza hingga terserang virus HIV.

Koordinator Klinik Saintifikasi Jamu Hortus Medicus, Danang Ardiyanto mengatakan ada dasarnya tubuh memiliki sistem kekebalan alamiah. "Namun, dengan gaya hidup yang tidak sehat serta pola makan yang tidak seimbang, sering menyebabkan sistem kekebalan alami tubuh menjadi menurun," kata Danang dalam rilisnya, Minggu (10/5/2015).

Dia mengungkapkan, beberapa hal yang juga dapat menyebabkan turunnya sistem kekebalan tubuh antara lain:

1. Udara di Sekitar Berpolusi.

Tinggal di lingkungan yang dikelilingi oleh udara yang terkontaminasi zat berbahaya, dapat mengganggu kesehatan Anda.

2. Terlalu Lama Duduk.

Menghabiskan lebih banyak waktu untuk duduk di kursi, dapat memperlambat sistem metabolisme tubuh. Rendahnya metabolisme, menyebabkan tubuh jadi lemah dalam menyerap nutrisi yang penting bagi sistem imun.

3. Tidur Tidak Menjadi Prioritas.

Ketika Anda kurang tidur dan beristirahat, maka tubuh pun tidak akan memproduksi melatonin yang cukup. Akibatnya, sistem imun tubuh tidak dapat pula memproduksi sel darah putih yang dapat melawan bakteri jahat dan memperbaiki kerusakan dalam sel-sel tubuh.

4. Terlalu Banyak Konsumsi Protein.

Kelebihan protein dalam tubuh, khususnya protein hewani, dapat memproduksi hormon IGF1 lebih banyak dari jumlah yang seharusnya. Hormon ini merupakan hormon yang mempercepat penuaan di tubuh, sekaligus sedikit demi sedikit mengurangi ketahanan sistem imun.

Menurutnya, jika seseorang mengalami gejala seperti mudah terserang virus dan flu, proses pemulihan diri yang lambat, rasa lelah terus menerus meski cukup beristirahat, mata berair, serta merasakan nyeri otot konstan, itu adalah tanda bahwa sistem kekebalan tubuh Anda sedang mengalami penurunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Wiwiek Endah
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro