Telur sumber protein/Antara
Health

Konsumsi Protein Berlebih Bikin Ginjal Rusak

Newswire
Selasa, 19 Mei 2015 - 20:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Dokter spesialis gizi klinik dari RSCM Jakarta, Inge Permadhi, mengingatkan, konsumsi protein yang berlebihan bisa memicu kerusakan ginjal.

"Konsumsi protein tidak boleh berlebihan. Saat tubuh kelebihan protein, maka kelebihan itu harus dibuang lewat urin. Kalau terlalu banyak protein yang dibuang lewat urin, lama-lama bisa merusak ginjal," ujar Inge dalam acara "Jakarta Health Week 2015" yang diselenggarakan Brand's Saripati Ayam, di Jakarta, Selasa (19/5/2015).

Dikatakan, idealnya konsumsi protein harian sekitar 0,8-1,2 gram per kilogram berat badan.

"Ada orang yang makan protein 4-5 gram per hari. Itu sisanya harus dibuang tubuh melalui urin. “

Protein memiliki sejumlah fungsi bagi tubuh, di antaranya mengganti sel-sel yang rusak, menjaga daya tahan tubuh, dan sebagai bahan bagi hormon untuk membentuk enzim.

"Untuk menjaga daya tahan sel tubuh, disarankan mengonsumsi protein, makanya kalau orang sedang flu disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung protein," saran Inge.

Sejumlah makanan sumber protein di antaranya, ayam, daging dan susu (sebagai protein hewani), lalu, kacang-kacangan salah satunya kacang kedelai (protein nabati).

Inge menyarankan agar konsumsi protein nabati dan hewani per harinya seimbang. Antara protein nabati dan hewani harusnya imbang, 1:1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro