Otot/drdavidgeier.com
Health

Nyeri Otot & Sendi? Begini Cara Mengatasinya

Duwi Setiya Ariyanti
Selasa, 9 Juni 2015 - 20:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Sering mengalami pegal dan nyeri di bagian otot, tulang atau sendi? Ternyata, pengaturan pola makan bukan solusinya.

Ahli rehabilitasi muskoskeletal, Arif Soemarjono, mengatakan gangguan otot, tulang dan sendi atau muskoskeletal tak bisa dihentikan dengan memilih jenis makanan yang dikonsumsi.

Obat pun, katanya, tak akan bisa menyembuhkan bila kebiasaan yang salah diteruskan. Pasalnya, banyak gangguan seperti itu terjadi akibat kebiasaan yang salah.

"Makanan tidak memengaruhi gangguan otot ulang sendi karena berhubungan dengan aktivitas sehari-hari. Kecuali asam urat," ujarnya di Jakarta, Selasa (9/6/2015).

Sebanyak 80% pasien dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi adalah gangguan muskoskeletal. Gangguan ini meningkat 20% sampai 35% dalam kurun waktu 10 tahun sampai 15 tahun.

"Delapan puluh persen keluhan pasien dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi adalah gangguan di muskoskeletal," katanya.

Yang pasti, masyarakat diminta untuk memeriksakan gangguan muskoskeletal ke medis. Saat ini dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi bisa menggunakan alat ultrasonografi atau USG untuk melihat gangguan. Pemeriksaan USG lebih murah dan tak berisiko dibanding tindakan lain, seperti penggunaan CT Scan atau radiologi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro