Batu akik bermotif kepala singa/oxl.co.id
Fashion

BATU AKIK: Pelaut Tolak Bacan Ternate Ditukar Yaris

Newswire
Rabu, 17 Juni 2015 - 14:31
Bagikan

Bisnis.com, TANGSEL-- Hermanus Manafe, 65, penggemar batu akik yang sudah setahun malang melintang di dunia gemstone memiliki 500 cincin batu akik, dan 250 liontin dari batu akik. Hampir seluruh jenis batu akik sudah dimilikinya.

"Saya sudah memiliki seluruh batu dari seluruh provinsi di Indonesia, kebetulan saya membeli batu- batu tersebut ketika ada festival gemstone di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, kalau ada pameran ya saya datangi," kata warga Pondok Benda Tangerang Selatan (Tansgel), Selasa (16/6/2015).

Herman juga mengatakan, banyak batunya yang sudah dilitik oleh orang-orang yang meminatinya. Herman tak melepasnya begitu saja, karena batu yang diminati tersebut langka dan cuma ada beberapa saja.

"Seperti batu bacan Ternate ini, saya beli dengan harga Rp10 juta, pernah ditawar orang bukan dengan uang, tapi dengan satu unit mobil Toyota Yaris langsung saya tolak karena jenis batu ini sulit ditemukan," katanya.

Herman melanjutkan, dirinya sudah menghabiskan uang sebanyak Rp300 juta untuk membeli koleksinya tersebut. Untungnya, keluarga Herman tak ada yang mengeluh tentang hobinya itu.

"Keluarga tidak ada yang komplain tentang hobi saya ini, mereka enjoy aja ngeliat saya hobi mengoleksi batu akik. Koleksi saya di antaranya Bacan Doko, Pancawarna, Mani Gajah, Sungai Dare, Kalimaya, Black Oval, Sisik Naga, Bulu Hanoman, Ijo Garut, Naga Sui, dan Edong," ujarnya.

Herman menambahkan, anggota keluarganya yang lain tidak menggemari batu seperti dirinya. Lima orang anaknya tidak suka mengoleksi batu akik.

Mengkoleksi ratusan batu akik rupanya membuat Herman mengalami pengalaman unik. Herman yang bekerja berlayar di lautan dengan tongkang batu bara ini mengaku pernah melihat cahaya masuk ke dalam rumahnya.

"Saya pernah liat ada cahaya masuk ke rumah saya melewati ventilasi, tapi saya nggak tau masuk ke batu yang mana karena ada banyak batu di dalam rumah saya. Mungkin aura batunya yang saya lihat itu," kata Herman.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro