Justin Bieber dan Usher/Reuters
Musik

Justin Bieber dan Usher Dituduh Jiplak Lagu

Andhina Wulandari
Sabtu, 20 Juni 2015 - 14:20
Bagikan

Bisnis.com, NEW YORK- Penyanyi Justin Bieber dan Usher menghadapi gugatan senilai US$10 juta, Kamis (18/6/2015), atas tuduhan telah menyalin bagian dari lagu milik dua penulis lagu asal Virginia secara ilegal.

Devin Copeland, seorang penyanyi R&B yang dikenal sebaga De Rico, dan rekan penulis lagu Mareio Overton, mengklaim lagu Somebody to Love milik Bieber mengunakan pola musik dan paduan nada yang sama dengan lagu mereka yang berjudul sama.

“Setelah mendengar lagu Copeland dan lagu milik Bieber-Usher secara keseluruhan, kami menyimpulkan bahwa bagian chorus sangat mirip, serta cukup signifikan bagi para juri untuk menyatakan lagu itu serupa,” kata Hakim Pamela Harris dalam persidangan awal, dilansir Reuters.

Di antara tergugat lainnya adalah label rekaman, seperti Vivendi SA’s Universal Music Publishing Group dan Sony Corp’s Sony/ATV Music Publishing.

Untuk sementara ini, pengacara pembela dari kubu Bieber-Usher belum memberikan komentar.

Satu versi lagu Somebody to Love direkam oleh Bieber, di mana namanya juga ditulis sebagai ko-penulis, berada di posisi no. 15 di Billboard Hot 100 pada 2010.

Para penggugat menuduh lagu yang ditulis pada 2008 itu diputar oleh pencari bakat kepada Usher, yang menyukainya dan kemudian membawanya ke Bieber.

Awalnya, gugatan itu sudah pernah dilayangkan, namun ditolak pada Maret 2015. Kini para penggugat kembali membawa masalah hak cipta tersebut ke meja hijau. (Bisnis.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Reuters
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro