Penjual menata berbagai jenis batu akik berbentuk cincin saat bursa batu akik di Lapangan Puputan Badung, Kota Denpasar, Bali, Selasa (12/5)./Antara
Fashion

Batu Akik Asal Sukabumi Diminati Warga Rusia

Newswire
Minggu, 21 Juni 2015 - 17:24
Bagikan

Bisnis.com,JAKARTA--Batu akik asli dari Sukabumi, Jawa Barat yakni Blue Opal Mizone ternyata diminati hingga mancanegara salah satunya Rusia, karena warna batu yang indah dan mempunyai kualitas tinggi.

"Dari pantauan kami ternyata batu akik ini tidak hanya dikirim ke berbagai wilayah domestik saja tetapi hingga luar negeri, bahkan beberapa kami menerima titipan kiriman untuk ke Rusia," kata Manajer Pemasaran PT Pos Indonesia Cabang Sukabumi Firmansyah di Sukabumi, Minggu.

Menurutnya, dari pantauan paket kiriman batu akik Blue Opal Mizone ini untuk wilayah domestik dikirim ke daerah Sulawesi, Sumatera Barat, Bengkulu, Sungai Dareuh (Aceh) dan sejumlah wilayah lainnya di Jawa Barat.

Sedangkan pengiriman ke luar negeri didominasi ke Australia, Tiongkok, serta Rusia. Rata-rata setiap kali kirim, si suplayer batu akik itu mengirim 200 kg hingga 300 kg dalam bentuk bongkahan.

Kemungkinan transaksi pembelian batu akik ini melalui toko online yang mayoritas pengirim paket batu akik merupakan warga di wilayah Kecamatan Sagaranten dan Pajampangan yang merupakan pusat penjualan dan kerajinan batu akik.

"Di sisi lain, dengan meningkatnya pengiriman barang ini berdampak positif kepada kami karena ternyata tingkat kepercayaa terhadap PT Pos cukup tinggi, selain harga kirim paket yang murah, juga barang yang dikirim pun aman sampai tujuan," tambahnya.

Sementara, Eksportir Batu Akik, Syarif Hidayatullah mengatakan bahan batu akik Blue Opal Mizone yang asli dari Sukabumi banyak diminati dari berbagai negara Asia, Eropa dan Afrika. Untuk penjualan bahan batu akik tersebut dijual padakisaran harga Rp200 ribu hingga jutaan rupiah tergantung kualitas bahan batu akiknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro