Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

PENELITI: Indonesia Minim Pendataan Budaya

Peneliti dan Penggagas Gerakan Sejuta Data Budaya Hokki Situngkir mengakui Indonesia minim pada pendataan budaya yang dimilikinya. Padahal, Indonesia begitu kaya akan budaya. Dari total bahasa di dunia, 10% nya ada di Indonesia. Indonesia dengan 34 provinsi memiliki 726 bahasa.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 27 Juni 2015  |  04:30 WIB
PENELITI: Indonesia Minim Pendataan Budaya
Museum Batik Pekalongan - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Peneliti dan Penggagas Gerakan Sejuta Data Budaya Hokki Situngkir mengakui Indonesia minim pada pendataan budaya yang dimilikinya. Padahal, Indonesia begitu kaya akan budaya. Dari total bahasa yang ada di dunia, 10% nya ada di Indonesia. Indonesia dengan 34 provinsi memiliki 726 bahasa, tuturnya.

Dia mengajak masyarakat untuk ikut terlibat dalam langkah pendataan budaya. Partisipasi masyarakat dapat dilakukan dengan mengunjungi situs www.budaya-indonesia.org. Di situs tersebut, masyarakat dapat ikut melakukan pendataan budaya dengan mengisi kekayaan budaya yang diketahui.

Hokky menyebut saat ini pada situs tersebut sudah tercatat 30.000 budaya dan 6000 motif batik di Indonesia. Data ini merupakan hasil partisipasi unggahan kontributor Perpustakaan Digital Terbuka. Masyarakat diminta aktif men-submit kekayaan budaya yang ada di Indonesia. Dengan partisipasi submit data budaya, maka akan lebih mudah dilakukan kajian serupa.

Seperti pengaruh China dalam batik Indonesia, harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

budaya
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top