V-Look, tren rambut L'Oreal Professionnel/Bisnis.com-Duwi Setiya Ariyanti
Health

Tips 5 Cara Mengatasi Ketombe

Newswire
Sabtu, 25 Juli 2015 - 13:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Di antara berbagai masalah rambut yang kerap kita alami, rambut berketombe adalah salah satunya.

Ahli kesehatan mengungkapkan berbagai cara untuk mengatasinya, mulai dari diet rendah gula dan tinggi antioksidan hingga menggunakan kondisioner.

Di samping itu semua, wakil direktur dan kepala pelayanan medis, di India, Sangeeta Velaskar, membagikan beberapa tips untuk membantu mengendalikan ketombe.

1. Jagalah kulit kepala tetap kering
Segera keringkan rambut setelah keramas atau kehujanan. Dalam kasus rambut basah karena kehujanan, pastikan untuk mencucinya secara menyeluruh. Jangan lupa gunakan kondisioner setelahnya. Velaskar mengingatkan kita untuk mengeringkan rambut sebelum meninggalkan rumah.

2. Gunakan sampo khusus antiketombe
Sampo anti ketombe diformulasikan dengan bahan-bahan aktif seperti zink pyrithione atau piroctone olamine, yang dapat mengontrol jamur dan ragi.

Menurut Velaskar, jenis sampo ini dapat digunakan sesering yang diperlukan yakni sekali, dua kali atau bahkan tiga kali dalam seminggu.

Dia menambahkan, khusus untuk kondisi rambut berminyak, sampo khusus antiketombe bisa dikombinasikan dengan kondisioner ringan.

3. Pilihlah kondisioner rambut yang tepat

Pilihlah kondisioner ringan yang cocok untuk rambut kita. Perlu diingat, konditioner harus digunakan hanya di ujung rambut, bukan di kulit kepala. Pengaplikasian kondisioner pada kulit kepala justru akan memperbanyak jumlah ketombe.

4. Diet rendah gula dan tinggi antioksidan akan membantu mengurangi peradangan dan mengendalikan ketombe.

5. Jika ketombe tak juga mereda atau bahkan semakin membuat kepala gatal dan kulit kepala terkelupas, sebaiknya kunjungi dokter. Demikian seperti dilansir Indian Express.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro