Ilustrasi
Health

Hati-Hati! Pegawai Kantoran Bisa Terkena Sick Building Syndrome

Yulianisa Sulistyoningrum
Jumat, 21 Agustus 2015 - 16:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Ternyata penyakit akibat polusi dan debu tidak hanya dapat terkena pada orang yang bekerja di luar ruangan. Pegawai kantoran juga rentan terhadap penyakit sick building syndrome yang disebabkan debu dalam ruangan yang kedap ventilasi.

Dosen Kesehatan Lingkunga Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Budi Haryanto memaparkan 60% pekerja kantoran yang berada dalam ruangan kedap udara dan minim ventilasi juga rentan terhadap penyakit yang dapat mengganggu gangguan pernapasan yang disebabkan oleh debu dalam ruangan.

"Debu yang ada di dalam ruangan minim ventilasi yang sering kali menumpuk pada peralatan kantor atau tumpukan kertas itu yang berbahaya, apalagi jika lebih dari 6 jam di dalam ruangan tanpa terpapar matahari dan udara mudah sekali terjadi penularan penyakit," ungkapnya dalam seminar nasional kesehatan lingkungan,  Jumat (21/8/2015).

Penyakit yang kerap terjadi pada pekerja kantoran adalah pneumonia, radang tenggorokan, pusing dan infeksi saluran pernafasan.

"Untuk mengurangi gejala sick building syndrome, baiknya selama 3-6 jam sekali bergerak keluar ruangan untuk menghirup udara segar," tuturnya.

Menghirup udara segar yang mengandung banyak oksigen dapat melancarkan peredaran darah ke otak yang juga tidak menyebabkan pekerja mudah lelah dan stres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro