Jangan Takut Pada Matahari

PT LOral Indonesia meluncurkan gerakan Berani Matahari yang memiliki misi untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya perlindungan terhadap sinar UV yang harus mulai dilakukan sejak dini.
Atiqa Hanum
Atiqa Hanum - Bisnis.com 19 September 2015  |  23:50 WIB
Jangan Takut Pada Matahari
Sejumlah wisman Australia di Pantai Padma, Legian, Bali - Bisnis.com/Feri Kristianto

Bisnis.com, JAKARTA - PT L’Oréal Indonesia meluncurkan gerakan Berani Matahari yang memiliki misi untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya perlindungan terhadap sinar UV yang harus mulai dilakukan sejak dini.

Head of Corporate Communications, PT L’Oréal Indonesia Melanie Masriel mengatakan kampanye ini merupakan kelanjutan dari program edukasi L’Oréal Unveils yang telah dilakukan pada 2014 atas kerjasama dengan Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan Indonesia (BPOM) serta Persatuan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) dengan menggelar seminar terbuka seputar sinar UV dari matahari dan kepedulian akan melindungi kulit secara optimal.

“Matahari sebagai salah satu sumber vital kehidupan memberikan begitu banyak kebaikan terutama bagi manusia. Akan tetapi berbagai riset telah membuktikan bahwa pancaran sinar ulraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB) yang terkandung pada matahari dapat memberikan beragam potensi risiko kesehatan bagi kulit,” ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (19/9/2015).

Dia menambahkan berdasarkan survei kualitatif terhadap konsumen yang dilakukan di tahun 2014 oleh PT L’Oréal Indonesia, didapati masih banyak masyarakat yang belum mengerti apa itu sinar UVA dan UVB serta dampaknya terhadap kulit.

“Alasan kebanyakan masyarakat Indonesia menghindari sinar matahari ternyata karena takut hitam, menggunakan tabir surya hanya jika berada di pantai dan hanya melihat indikator SPF pada tabir surya tanpa persis apa artinya,” jelasnya.

Atas dasar inilah gerakan Berani Matahari digelar secara digital untuk dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas terutama kalangan generasi muda. Melalui kemasan yang fun, interaktif dan edukatif, kampanye ini dipusatkan pada situs www.beranimatahari.com di mana masyarakat dapat menemukan berbagai informasi dan fitur bermanfaat seperti pengetahuan umum tentang sinar UVA & UVB, tips mengenai perlindungan yang diperlukan, indikator SPF & PA yang tertera pada produk tabir surya, UV indeks real time di kota-kota besar Indonesia, serta video tutorial cara aplikasi tabir surya.

Direktur Medis L’Oréal Group Michèle VERSCHOORE dalam kuliah ilmiahnya pada simposium Pertemuan Ilmiah Tahunan ke-14 PERDOSKI di Balikpapan pada tanggal 28 Agustus 2015 yang lalu memaparkan L’Oréal Research & Innovation telah lama meneliti tentang efek UVA terhadap ekspresi gen.

“Ditemukan bahwa radiasi sinar UVA secara terus-menerus dan dalam jangka waktu yang lama memiliki andil yang cukup besar terhadap photo-aging (penuaan akibat paparan sinar matahari), serta memicu proses karsinogenesis (pembentukan sel-sel kanker) dan imunosupresi (melemahnya sistem kekebalan) pada kulit,” tutupnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
matahari, kulit

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top