Ilustrasi-Pameran seni rupa/Antara
Show

Karya 11 Perupa Tampil di Rayuan 100 Tahun Basoeki Abdullah

Azizah Nur Alfi
Minggu, 20 September 2015 - 10:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Karya 11 perupa akan tampil dalam pameran Rayuan 100 Tahun Basoeki Abdullah yang dibuka mulai besok, Senin (21/9/2015) malam. Sebelas perupa ini terpilih dalam seleksi tertutup yang digelar panitia Rayuan 100 Tahun Basoeki Abdullah. Melalui karyanya, mereka menafsirkan kembali sosok Basoeki Abdullah.

Salah satunya perupa Jerry Thung yang menafsirkan sosok Basoeki Abdullah dalam lukisan Nglakoni Urip. Pada lukisan yang dibuat selama dua minggu itu, sosok Basoeki digambarkan mengenakan seragam kebangsawanan yang tengah duduk dalam sebuah kursi membelakangi dinding. Pada dinding menggantung lukisan salib Katolik dan Nyi Roro Kidul. Sedangkan, di meja yang berada di sampingnya terletak segelas wine.

Menurut Jerry, tiga hal itu yang ada dalam sosok Basoeki, yakni, kebarat-baratan, iman Katolik, dan mistik Jawa. Ketiganya saling bertentangan, tapi menjadi satu dalam sosok Basoeki.

"Hidup dia seperti ini. Semua bercampur pada pribadinya yang unik," katanya.

Perupa lain Teguh Ostenrik menampilkan patung berjudul Nambawan. Terbuat dari bongkahan besi, Teguh menampilkan sosok Soekarno dari samping. Karya ini terinspirasi dari sketsa Basoeki Abdullah tentang Soekarno. Kenapa Soekarno?

Karena secara pribadi pernah berhubungan secara tidak langsung. Bongkahan ini menggambarkan Soekarno yang dapat mengumpulkan suku bangsa menjadi satu, tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro