Busana rancangan Merdi Sihombing dipamerkan di Jakarta Fashion Week 2016, Senin (26/10/2015)./Reuters-Beawiharta
Fashion

Tenun Asli Pulau Rote, NTT, Dipesan Louis Vuitton

Muhammad Abdi Amna
Minggu, 8 November 2015 - 19:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Perindustrian menyatakan hasil kerja sama pemerintah dengan desainer Merdi Sihombing dalam penggunaan tenun Rote pewarna alami dipesan oleh merek grobal Louis Vuitton.

“Salah satu karya Merdi yang bermotif tenun Rote telah dipesan oleh Louis Vuitton untuk mereka kembangkan dan telah dipamerkan pada event Jakarta Fashion Week kemarin,” ujar Saleh Husin Menteri Perindustrian dalam keterangan resmi, Minggu (8/11/2015).

Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kemenperin Euis Saedah mengungkapkan pasar internasional cenderung membangkitkan kembali penggunaan warna-warna alam, karena sifatnya ramah lingkungan.

Di lain pihak, Wakil Gubernur NTT Benny Alexander Litelnoni mengatakan penggunaan pewarna alami diharapkandapat meningkatkan pendapatan penenun di Provinsi NTT.

“Kreativitas mama-mama penenun menciptakan nilai tambah dan menambah kesejahteraan. Sekaligus mempertahankan hasil budaya NTT,” tuturnya.

Menurutnya, pengembangan industri kreatif di Rote Ndo diarahkan sesuai dengan potensi daerah dan kreativitas masyarakat.

Khusus di Kabupaten Rote Ndao, Kemenperin memberi pelatihan dan bimbingan teknis untuk pembuatan pakaian jadi, gula semut, pendampingan pencelupan warna alam, dan kerang-kerangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro