Ilustrasi-Wisata Lombok Tengah, NTB/Antara
Travel

WISATA LOMBOK: Normal, Tak Terusik Erupsi Gunung Barujari

Martin Sihombing
Sabtu, 14 November 2015 - 14:14
Bagikan

Bisnis.com, LOMBOK --  Kenyamanan sejumlah objek wisata di Lombok tidak terganggu oleh erupsi anak gunung Rinjani, Gunung Barujari, karena aktivitas warga masih berjalan secara normal.

Tidak ada yang perlu dikhawatirkan untuk berwisata di Lombok saat ini karena kenyamanan dan keindahannya sama sekali tidak terganggu dengan adanya erupsi Gunung Barujari," ujar Sekretaris Kementrian Pariwisata Ukus Kuswara melalui pesan singkat yang diterima di Lombok, Sabtu (14/11/2015).

Menurut Ukus, terkait dengan terjadinya erupsi Gunung Barujari-Lombok dan kondisi pariwisata di NTB khususnya Lombok, pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas pariwisata Provinsi NTB beserta pelaku pariwisata lainnya.

"Kami dari Kementerian Pariwisata juga telah mengirimkan tim untuk langsung memantau kondisi di lapangan, dan dapat disimpulkan bahwa kegiatan pariwisata beserta destinasi wisata di Lombok aman dari dampak erupsi Gunung Barujari," ujar Ukus.

Ukus juga menambahkan, Bandara Internasional Lombok juga telah kembali beroperasi normal sejak Kamis (13/11).

Beroperasinya kembali Bandara Internasional Lombok pada akhirnya memulihkan kegiatan di sektor pariwisata yang sempat terpukul sejak ditutup sementara pada 25 Oktober 2015.

Penutupan bandara tersebut meresahkan para pelaku wisata karena mengakibatkan pembatalan jadwal wisatawan yang akan berkunjung ke Lombok.

Kementerian Pariwisata melalui Crisis Center Pariwisata terus melakukan pemantauan kondisi di lapangan dan menyebarkan informasi agar semua pihak tetap waspada dan wisatawan tetap nyaman dalam berwisata.

"Kami juga telah melihat berbagai instansi di daerah telah siap dan sigap dalam mengantisipasi berbagai kemungkinan dan berupaya terus menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat dan wisatawan," ujar Ukus.

Sebelumnya Manajer Hotel Sentosa Azkar menyatakan sebelum bandara dibuka kembali, tingkat hunian hotel hanya sekitar 30 persen dari normal.

"Namun sekarang sudah mulai naik kembali sekitar 70 persen setelah bandara Lombok dibuka kembali. Pelan-pelan pemulihannya," ungkap Azkar.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Muhammad Fauzal menegaskan bahwa Lombok dan sekitarnya aman dan tidak terkena dampak dari erupsi Gunung Barujari, sehingga wisatawan dapat berkunjung.

Fauzal juga meyakinkan ke dunia bahwa dunia wisata di Lombok tidak terdampak, termasuk dari gempa dan banjir.

"Kejadian gunung erupsi, itu kan memang tidak bisa dihindari. Di Lombok tidak terganggu sama sekali. Baik pemerintahan maupun ekonomi lainnya. Kecuali sedikit debu," ujar Fauzal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro