Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Konsep Warisan Budaya Jadi Tren Desain Bangunan

Konsep warisan budaya belakangan ini sedang menjadi tren dalam desain bangunan dan interiornya. Diantaranya, batik yang selama ini banyak diaplikasikan dalam medium kain untuk bahan sandang, kini pada interior maupun bidang rupa bangunan yakni apartemen.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 21 November 2015  |  09:15 WIB
Ada banyak unsur Indonesia yang dapat digali sebagai sebuah ide.  - Bisnis.com
Ada banyak unsur Indonesia yang dapat digali sebagai sebuah ide. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Konsep warisan budaya belakangan ini sedang menjadi tren dalam desain bangunan dan interiornya. Di antaranya, batik yang selama ini banyak diaplikasikan dalam medium kain untuk bahan sandang, kini pada interior maupun bidang rupa bangunan yakni apartemen.

Arsitek sekaligus Direktur PT JOSO Fathony Muchtar Harris menuturkan konsep warisan budaya pada bidang rupa bangunan akan menjadi tren di masa mendatang. Ini sejalan dengan kesadaran masyarakatnya yang mulai menggali kekayaan budaya Nusantara.

"Terlebih, saat ini mulai ada kejenuhan terhadap konsep desain bangunan yang ditawarkan selama ini," ujarnya.

Menurutnya, konsep warisan budaya akan sangat menarik untuk diaplikasikan pada bidang rupa bangunan. Sebab, ini akan membawa karakter lokalitas pada bangunan tersebut, ditengah kejenuhan konsep hunian modern. Terlebih ada nilai dan filosofi dari setiap pola yang tersusun dalam desainnya.

"Ada banyak unsur Indonesia yang dapat digali sebagai sebuah ide. Dan saat ini trennya mulai mengarah pada menampilkan bangunan dengan karakter lokalitas," tuturnya ditemui di kantornya di gedung Graha Widodo Jakarta Timur.

Salah satu apartemen yang menerapkan konsep warisan budaya dalam rancangannya yakni Wismaya Residence di Bekasi. Ini terlihat dengan aplikasi batik Parang pada fasad bangunan dan plafon pada area grand loby. Konsep batik ini dikombinasikan dengan unsur pewayangan yang hadir melalui siluet gunungan wayang. Siluet gunungan wayang difungsikan sebagai terowongan penghubung taman sebagai ruang publik dan pool sebagai ruang privat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gedung warisan budaya

Sumber : Bisnis Indonesia, Minggu (21/11/2015)

Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top