Omni Hospitals/omni-hospitals.com
Health

OMNI Hospital Hadirkan Terobosan Operasi Bypas Jantung Dengan Sayatan Minimal

Emanuel B. Caesario
Jumat, 11 Desember 2015 - 08:46
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA--OMNI Hospitals Alam Sutera menghadirkan teknologi mutakhir melalui operasi bypas jantung sayatan minimal (Minimally Invasive Cardiac Bypass Surgery, MICS CABG) sebagai upaya nyata dalam menghadirkan harapan baru bagi pasien dengan penyakit arteri koroner dan untuk meningkatkan hasil pengobatan penyakit arteri koroner.
 
Prosedur ini kini tersedia di OMNI Hospitals Alam Sutera untuk pasien dengan penyakit arteri koroner.
 
Kami senang dapat ikut terlibat dalam pengendalian angka kematian akibat penyakit jantung dengan meningkatkan kualitas layanan OMNI Hospitals Alam Sutera dengan pengadaan fasilitas baru yaitu Operasi Bypass Jantung Sayatan Minimal (MICS CABG). Pengadaan fasilitas ini adalah upaya kami dalam menjawab peningkatan kebutuhan pasien penyakit arteri koroner untuk mencapai tujuan terapi, kata Presiden Direktur OMNI Hospitals Group Dr. Umapathy Panyala melalui siaran pers yang diterima bisnis.com Jumat (11/12/2015).
 
OMNI Hospitals Alam Sutera telah melakukan operasi bypass jantung sayatan minimal untuk pertama kalinya di Indonesia pada Rabu (9/12/ 2015).
 
Menurut konsultan senior bedah thorax dan kardiovaskular Dr. Sathyaki Purushotam Nambala, berbeda dengan operasi bypass konvensional yang memerlukan sayatan besar akibat diperlukannya pembelahan tulang dada, operasi bypass dengan teknologi MICS CABG dilakukan melalui tiga sayatan kecil.
 
Selama prosedur berjalan, jantung pasien tetap berdenyut sehingga dalam pelaksanaannya alat pacu jantung buatan hanya diperlukan bila jantung pasien dalam kondisi lemah.
"MICS CABG menurunkan risiko infeksi, mengurangi penggunaan analgesik hingga 70%, mengurangi kebutuhan transfusi darah hingga 70%, dan 75% pasien dapat kembali bekerja dalam waktu 10 hari," katanya.
Menurut Ahli Bedah Thorax dan Kardiovaskular OMNI Hospitals Alam Sutera Dr. Alfa Ferry, MICS CABG merupakan terobosan baru prosedur operasi arteri koroner.
Kriteria pasien yang dianggap layak secara medis untuk menerima prosedur MICS CABG adalah pasien yang memiliki penyakit arteri koroner, pasien yang telah mengalami kegagalan prosedur pemasangan cincin (stent), serta pasien dengan gejala penyakit akut yang tidak lagi dapat ditangani dengan pengobatan atau pemasangan cincin.
Penyakit arteri koroner dimulai dari adanya luka di lapisan dalam arteri koroner sebagai pembuluh utama yang memberikan asupan darah, oksigen, dan nutrisi pada jantung.
 
Penyakit arteri koroner terasosiasi dengan Aterosklerosis, yaitu kondisi saat lemak (plak) menumpuk pada dinding pembuluh darah arteri sehingga kolesterol dan produk limbah tubuh lainnya terakumulasi pada daerah yang terluka.
 
Produk limbah dan kolestrol dapat menghambat arteri dan menyebabkan serangan jantung.
 
Penyakit arteri koroner seringkali berkembang dari waktu ke waktu dan tidak disadari sampai pasien mengalami serangan jantung, karena seringkali penyebabnya tidak terlihat.
 
Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, penyakit arteri koroner diprediksi akan menyebabkan 23,3 juta kematian di Indonesia pada tahun 2030 dan merupakan penyebab utama kematian diantara penyakit tidak menular.
 
Data terbaru dari Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO), penyakit arteri koroner menyebabkan 243.045 kematian di Indonesia, atau sebesar 17,05% kematian di Indonesia.
 
MICS CABG merupakan kemajuan bagi pasien arteri koroner agar dapat secepat mungkin terlepas dari prosedur penyembuhan dan dapat cepat beralih dan kembali menjalani kehidupan sehari-hari dalam kurun waktu kurang dari sebulan," katanya.
 
Menurutnta, pasien seringkali merasa takut dan enggan untuk menjalankan operasi bypass jantung konvensional di mana terdapat sayatan yang besar dengan risiko infeksi yang tinggi dan memerlukan alat pacu jantung buatan selama prosedur berjalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro