Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Batu Akik Jadi Pencarian Terpopuler di Google Selama 2015

Batu akik telah menjadi penelusuran terpopuler nomor satu di Google Year in Search disusul peringkat kedua oleh Go-Jek dan Kue Cubit pada peringkat ketiga, penelusuran terpopuler Google tersebut menunjukkan tingginya minat nitizen terhadap sesuatu yang asli dari Indonesia.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 17 Desember 2015  |  07:54 WIB
Google - Telegraph.co.uk
Google - Telegraph.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA—Batu akik telah menjadi penelusuran terpopuler nomor satu di Google Year in Search disusul peringkat kedua oleh Go-Jek dan Kue Cubit pada peringkat ketiga, penelusuran terpopuler Google tersebut menunjukkan tingginya minat nitizen terhadap sesuatu yang asli dari Indonesia.

Country Industry Head Google Indonesia, Hengky Prihatna mengemukakan penelusuran nitizen terhadap batu akik terjadi selama beberapa bulan pada 2015. Meskipun tren penelusuran terhadap batu akik tersebut diakui sempat menurun, namun pada akhirnya kembali meningkat.

“Begitupun dengan penelusuran yang berkaitan dengan Go-Jek, banyak nitizen yang mencari tahu bagaimana cara mendaftarkan diri sebagai Go-Jek dan cara menggunakan Go-Jek,” tutur Hengky di Jakarta, Rabu (16/12). Selain itu, Hengky mengemukakan penelusuran terkait Kue Cubit juga telah menjadi penelusuran terpopuler Google pada peringkat ketiga sepanjang 2015 yang penelusurannya didominasi oleh kalangan wanita.

Menurut Hengky, tidak sedikit wanita yang mencari tahu bagaimana resep dan cara membuat kue cubit dengan berbagai rasa. “Kebanyakan para wanita mencari resep kue cubit dengan rasa green tea,” katanya. Kemudian beberapa peristiwa nasional juga sempat menjadi penelusuran terpopuler nitizen di Indonesia sepanjang 2015, seperti peristiwa pembekuan PSSI beberapa waktu lalu yang disusul dengan peristiwa Gunung Raung dan beras plastik yang sempat menjadi perbincangan para nitizen pada 2015. “Beras plastik juga telah menjadi penelusuran terpopuler di Google waktu sedang ramai-ramainya,” tuturnya.

Hengky menjelaskan ada beberapa fakta menarik yang ditemukan pada penelusuran Google untuk keyword Valentino Rossi. Menurut Hengky, nama Valentino Rossi sempat menjadi populer setelah terjadinya insiden dengan Marc Marquez pada saat bertanding beberapa waktu lalu.

“Berkat hal itu, Moto GP dan Valentino Rossi menjadi peristiwa internasional yang paling banyak dicari oleh nitizen,” ujarnya. Menurut Hengky, tahun ini Google juga telah menambahkan tiga kategori baru terkait dengan penelusuran terpopuler Google yaitu meme, mode dan kecantikan. Ketiganya kata Hengky telah menjadi pencarian paling banyak oleh nitizen di Indonesia sepanjang 2015. “Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini kami sudah menambahkan tiga kategori baru,” tukasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

google batu akik
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top