7 Tips Aman Belanja Online dengan Kartu Kredit

Keamanan dalam menggunakan kartu kredit kerap menjadi penghalang beberapa orang dalam berbelanja online. Di kawasan Asia Tenggara sendiri, ternyata hanya 13% kalangan yang percaya diri untuk berbelanja melalui teknologi daring tersebut.
Shahnaz Yusuf | 02 Januari 2016 16:00 WIB
Ilustrasi - Quartsoft

Bisnis.com, JAKARTA – Keamanan dalam menggunakan kartu kredit kerap menjadi penghalang beberapa orang dalam berbelanja online. Di kawasan Asia Tenggara sendiri, ternyata hanya 13% kalangan yang percaya diri untuk berbelanja melalui teknologi daring tersebut.

Sebuah data yang mencengangkan dilansir dari Mastercard.com, Sabtu (2/1/2016), bahwa selain 13% kalangan yang percaya diri, ternyata 19% lainnya paranoid untuk berbelanja online dan sisanya sebanyak 68% mau belanja online namun tetap was-was.

Berikut tujuh tips agar belanja online bisa lebih aman dengan menggunakan kartu kredit, agar Anda yang was-was bisa lebih merasa aman dan percaya diri.

  1. Pilih situs yang tepercaya, baik situs yang sudah dikenal baik reputasinya atau situs yang sudah teruji oleh orang terdekat Anda.
  2. Perhatikan “gembok” di pengaturan keamanan browser Anda, apakah menyatakan bahwa situs tersebut aman dikunjungi.
  3. Tetap perhatikan riwayat pembelian Anda dengan mengawasi akun Anda dan verifikasi pembelian. Jika ada hal yang mengkhawatirkan, segera hubungi bank Anda.
  4. Pastikan kata sandi Anda kuat. Sandi yang kuat setidaknya memiliki depalan karakter dengan kombinasi huruf dan angka.
  5. Jangan gunakan kata sandi yang sama di beberapa toko daring maupun dengan alamat surel Anda.
  6. Baca syarat dan ketentuan! Hal ini sering dilewati karena malas. Namun dalam beberapa hal, pembeli tidak dapat meminta pertanggung jawaban atas hal yang menimpa.
  7. Jika Anda khawatir sebelum melakukan pembayaran, jangan ragu menghubungi nomor kontak yang tertera untuk menjawab kekhawatiran Anda.

Tag : kartu kredit, online shopping
Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top