Makanan /canned-fresh.com
Health

Ini Penyebab Pencemaran Makanan dan Minuman

Tisyrin Naufalty Tsani
Kamis, 14 Januari 2016 - 01:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Sehubungan dengan berita tentang adanya merkuri pada minuman, mantan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Tjandra Yoga Aditama mengungkapkan beberapa penyebab pencemaran makanan dan minuman.

"Saya sampaikan bahwa pada dasarnya ada tiga kemungkinan penyebab pencemaran pada makanan dan minuman," katanya melalui keterangan resmi Rabu (13/1/2016).

Pertama, logam berat, seperti lead, cadmium dan merkuri. Gangguan utamanya adalah pada sistem syaraf pusat dan ginjal, walupun bisa juga menganggu sistem tubuh lain.

Kedua, toksin alamiah, seperti mycotoxins, aflatoxin , ochratoxin, marine biotoxins dan cyanogenic glycosides. Keracunan jangka panjang dapat merusak sistem imun, sistem perkembangan tubuh dan pada keadaan tertentu mungkin berhubungan dengan terjadinya kanker.

Ketiga, persistent organic pollutants (POPs), yaitu bahan yang terakumulasi di lingkungan dan dapat masuk tubuh manusia. Contohnya adalah  dioxins dan polychlorinated biphenyls (PCBs), yang mungkin ditemukan di lingkungan dan masuk dalam rantai makanan binatang.

Dioxins sangat toksis dan dapat menyebabkan gangguan sistem reproduksi dan tumbuh kembang, gangguan sistem imun, berdampak pada hormon dan mungkin pula berperan dalam terjadinya kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro