Ilustrasi/Codyapp
Health

Minum Air 1-2 liter Sekaligus di Pagi Hari Bisa Membuang Racun Hanyalah Mitos

Reni Efita
Kamis, 17 Maret 2016 - 11:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Air merupakan kebutuhan hidup yang vital dalam kondisi normal remaja dan dewasa membutuhkan cairan 2 liter  atau 8 gelas per hari untuk menjaga kesehatan tubuh. Di masyarakat banyak mitos yang dianggap fakta oleh banyak orang.

Untuk meluruskan mitos-mitos yang beredar di masyarakat,  beberapa  ahli di antaranya Prof. Dr.Ir. Hardinsyah, MS, Prof. Parlindungan, SpPD-KGH, Dr.dr. Budi Iman Santoso, SpOK(K) dan Dr.dr.Sudung O.Pardede, SpA(K) menerbitkan satu buku yang berjudul Mitos dan Fakta air dan Hidrasi.

Buku yang berisi 70 mitos atau fakta itu  diluncurkan pada rangkaian kegiatan konferensi  Indonesian Hydration & Health Conference di Hotel JW Merriot, 16-18 Maret.

Salah satu mitos adalah minum air 1-2 liter sekali gus di pagi hari baik untuk mem-flush racun yang ada dalam tubuh.

Faktanya manusia tidak boleh langsung minum air dalam jumlah banyak, karena kemampuan ginjal untuk menghasilkan urine/air seni hanya sebesar 400 ml.

Bagi remaja dan dewasa sehat, minumair  yang baik adalah minum 2 liter/hari yang diminum terbagi dalam 14-18 jam.

Sementara itu, Prof. DR.Dr. Perlindungan Siregar, Sp.PD-KGH sakit pinggang tidak ada hubungannya dengan kekurangan cairan

Fakta lainnya bagi orang yang sakit ginjal, asupan air harus dibatasi, karena sakit ginjal ada yang disertai dengan penurunan fungsi ginjal dan ada pula yang tidak. Untuk sakit ginjal disertai penuruann fungsi ginjal sedang dan berat perlu dibatasi.

Kemudian faktanya orang lanjut usia juga tidak boleh banyak minum air. Orang lanjut usia mudah mengalami kurang natrium darah, karena penurunan laju fibrasi glomerulus, penurunan kemampuan pemekatan urun, penurunan kadar aldosteron darah, kemampuan kliren air, peningkatan hormon  penarik air dan peningkatan hormon pembuang natrium.

Akibat perubahan-perubahan itu, terjadi penimbunan air dan meningkatkan pembuangan natrium oleh ginjal. Pencegahannya dengan mengurangi asupan air, minimal 1.000 ml dan maksimal 1.500 ml dan tidak menganjurkan diet rendah natrium pada para usia lanjut normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro