Fashion

Air Mineral Sama dengan Minuman Isotonik adalah Mitos

Reni Efita
Minggu, 20 Maret 2016 - 15:32
Bagikan

Kabar24.com, JAKARTA – Air merupakan kebutuhan yang vital  dalam kehidupan. Kreativitas bisnis pun berkembang untuk memproduksi air dengan beragam macam rasa, warna, dan khasiat.

Dalam buku yang berjudul  Mitos atau Fakta Air dan Hidrasi yang ditulis oleh empat orang tenaga ahli dari bidang yang berbeda-beda.

Penulis itu adalah Prof. Dr.Ir. Hardinsyah, MS, Prof. Parlindungan, SpPD-KGH, Dr.dr. Budi Iman Santoso, SpOK(K) dan Dr.dr.Sudung O.Pardede, SpA(K).

Dari hasil penelusuran tim penulis di Internet terdapat 10 jenis masalah mitos atau fakta  yang di angkat dalam buku tersebut. Salah satu di antaranya Air mineral sama dengan air minum isotonik .

Dari hasil kajian penulis, hal itu adalah mitos. Karena air mineral tidak sama dengan minuman isotonik. Air mineral adalah air yang diperoleh langsung dan dikemas dari sumbernya dengan ciri keberadaan kandungan mineral dan atau zat lain yang tersedia secara alami dalam batas yang diperkenankan.

Sedangkan minuman isotonik adalah minuman yang memiliki osmolalitas yang sama dengan plasma.

Berbagai minuman yang beredar di masyarakat diklaim sebagai minuman isotonik, padahal kandungan elektrolit dalam minuman tersebut lebih rendah dibandingkan kandungan elektrolit dalam plasma darah sehingga untuk mencapai osmolalitas yang sama dengan osmolalitas plasma darah (isotonik) ditambahkan gula.

Jadi, yang membuat minuman tersebut isotonik adalah kandungan gulanya dan bukan elektrolitnya.

       

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro